Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Wapres Ajak Perkuat Kemitraan Strategis di KTT Ke-27 ASEAN-Jepang

Wapres saat menghadiri KTT ke-27 ASEAN-Jepang yang berlangsung di National Convention Centre (NCC) Vientiane, Laos, Kamis (10/10/2024). foto: ist

SuaraTani.com - Laos| Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin mengajak anggota ASEAN untuk memperkuat kemitraan strategis ASEAN-Jepang yang bermanfaat bagi masyarakat dan berorientasi ke masa depan.

“Kemitraan ASEAN-Jepang telah berkontribusi kepada perdamaian dan stabilitas, serta mendorong pertumbuhan ekonomi kawasan. Ke depan, kemitraan ASEAN-Jepang harus diarahkan berorientasi ke masa depan," ujar Wapres.

Wapres mengatakan itu saat menghadiri KTT ke-27 ASEAN-Jepang yang berlangsung di National Convention Centre (NCC) Vientiane, Laos, Kamis (10/10/2024).

Ia menyampaikan tiga fokus area kerja sama ASEAN-Jepang. Pertama, mempromosikan ekonomi hijau.

Menurutnya, dukungan Jepang sangat penting untuk mempercepat transisi energi di kawasan, khususnya melalui mekanisme pembiayaan inovatif dan transfer teknologi rendah karbon.

“Saya harapkan Pertemuan Tingkat Tinggi ke-2 Komunitas Emisi Nol Asia (AZEC) semakin menguatkan kolaborasi untuk mempercepat transisi energi di kawasan,” ujarnya.

Yang kedua, Wapres mendorong percepatan transformasi ekonomi digital. Potensi ekonomi digital yang besar harus dimanfaatkan dengan baik termasuk melalui dukungan Jepang terhadap Perjanjian Kerangka Kerja Ekonomi Digital (DEFA).

Wapres juga menambahkan, kerja sama di bidang teknologi masa depan, seperti kecerdasan buatan dan penerapan Masyarakat 5.0, dapat dimajukan.

Yang ketiga, Wapres mengajak untuk menjaga perdamaian dan stabilitas. Kemitraan ASEAN-Jepang kata Wapres, harus dapat menjadi penggerak stabilitas dan perdamaian kawasan serta penerapan hukum internasional secara konsisten, paparnya.

Pada kesempatan tersebut, Wapres juga menyampaikan apresiasi atas dukungan Jepang terhadap AOIP.

“Indonesia berharap Jepang dapat mempertimbangkan pengakuan terhadap Negara Palestina demi mewujudkan perdamaian dan tercapainya Solusi Dua Negara,” pungkas Wapres. * (wulandari)