Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Setelah Tiongkok, Indonesia Siap Jadi Produsen Terbesar Produk Elektronik Dunia

Presiden Jokowi didampingi Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan; mengunjungi stan usai membuka Trade Expo Indonesia (TEI) ke-39 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang, Banten, Rabu (9/10/2024). foto: ist

SuaraTani.com - Jakarta| Indonesia siap menjadi produsen elektronik rumah tangga terbesar kedua  setelah Tiongkok.  

Peluang ini semakin terbuka lebar jika rencana Hamilton Beach untuk memindahkan pusat produksinya dari Tiongkok ke Indonesia dapat segera terwujud. 

Hal ini mengemuka pada pertemuan Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Perdagangan Internasional  Kementerian Perdagangan (Kemendag), Bara Krishna Hasibuan dengan Presiden Hamilton Beach Brand Scott Tidey di Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu, (9/10/2024). 

Pertemuan dilakukan di sela rangkaian gelaran Trade Expo Indonesia yang dilaksanakan pada 9-12 Oktober 2024. 

"Kemendag mendukung rencana Hamilton Beach untuk menjadikan Indonesia sebagai tempat produksi produk elektronik rumah tangga terbesar setelah Tiongkok," ungkap Bara dalam siaran pers yang dikutip, Kamis (10/10/2024) di Jakarta. 

Pertemuan tersebut kata Bara, merupakan tindak lanjut dari pertemuan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dengan Presiden Hamilton Beach pada 25 Mei 2023 di Detroit,  Amerika Serikat.  

Pada pertemuan tersebut dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Hamilton Beach dengan PT Borine Technology Indonesia senilai USD 50 juta. 

"Hamilton Beach merasa puas dengan kualitas produk elektronik Indonesia. Hamilton Beach akan meningkatkan komitmen pembelian produk Indonesia menjadi USD100 juta per tahun. Ini sejalan  dengan strategi diversifikasi yang dilakukan Hamilton Beach dalam mempertahankan pangsa pasarnya sebagai merek terbesar di kawasan Amerika Utara," papar Bara. 

Sementara Kepala Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Chicago Dhonny Yudho  Kusuma menjelaskan, saat ini Hamilton Beach mulai mengalihkan negara pemasok produk elektroniknya dari Tiongkok ke negara kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Proses pengalihan tersebut telah berlangsung sejak 2023. Keputusan pengalihan pusat produksi ke Indonesia ini juga diikuti beberapa perusahaan pesaing Hamilton Beach. 

“Salah satu faktor yang mendukung pengalihan tersebut di antaranya infrastruktur Indonesia yang memudahkan pelaku usaha mendapat bahan baku dan melakukan ekspor," ujar Dhonny.  

Selain itu, kata dia, Indonesia masih mendapat fasilitas Generalized System of Preference (GSP) dengan lebih dari 3.500 produk mendapatkan tarif 0 persen di bawah GSP.

"Ini menjadi daya saing produk Indonesia, khususnya untuk ekspor tujuan kawasan Amerika Utara,” terang Dhonny.

Hamilton Beach merupakan produsen produk elektronik rumah tangga yang berasal dari Amerika Serikat yang telah berdiri lebih dari 110 tahun. 

Beberapa produk utama perusahaan tersebut yaitu pembuat kopi,blender, pemanggang roti, pembersih udara serta setrikayang dipasarkan di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. * (jasmin)