Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Abdul Hadi Perjuangkan NTB Jadi Lumbung Pangan Nasional

Anggota DPR RI periode 2024-2029 yang baru saja dilantik, Abdul Hadi, berharap bisa memperjuangkan Nusa Tenggara Barat (NTB) jadi lumbung pangan Nasional melalui perannya di DPR RI. foto: ist

SuaraTani.com - Jakarta| Anggota DPR RI periode 2024-2029 yang baru saja dilantik, Abdul Hadi, berharap bisa memperjuangkan Nusa Tenggara Barat (NTB) jadi lumbung pangan Nasional melalui perannya di DPR RI. 

Menurutnya, provinsi yang bersebelahan dengan Pulau Bali itu memiliki potensi yang sangat besar sebagai lumbung pangan Nasional.

Di antaranya NTB memproduksi padi sekitar 1,54 juta ton tahun 2023, yang tersebar di Lombok Tengah, Lombok Timur dan Lombok Barat. 

"Selama ini NTB sudah menjadi pemasok beras ke wilayah Indonesia bagian timur yang masih kekurangan stok pangan,” jelas Abdul Hadi dalam keterangan tertulis yang dikutip Kamis (3/10/2024) di Jakarta.

Legislator Dapil NTB II ini mengungkapkan, NTB  merupakan produsen jagung yang cukup tinggi di samping produksi beras. 

Dijelaskannya, produksi jagung pada tahun 2023 sebesar 1,28 juta ton. Jumlah ini cukup tinggi meski mengalami penurunan dibanding tahun 2022 yang sebesar 1,42 juta ton.

“Produksi jagung NTB juga cukup baik, bahkan NTB telah mengekspor jagung ke berbagai negara, termasuk Filipina dan Korea Selatan,” ungkap Politisi Fraksi PKS ini.

Selain beras dan jagung, NTB juga mempunyai potensi di pengembangan Komoditas Hortikultura seperti Bawang Merah, mangga, jeruk, dan pisang. 

Menurutnya, produksi bawang merah NTB juga sangat berpotensi dan terkenal tidak hanya di pasar nasional tetapi juga diekspor ke negara tetangga.

Di bidang lainnya, ia melihat bahwa NTB memiliki potensi di bidang peternakan. Potensi ini bisa membawa NTB sebagai lumbung pangan nasional, terutama peternakan sapi potong.

“Pulau Sumbawa dan Lombok memiliki lahan yang cocok untuk pengembangan peternakan sapi. Sapi dari NTB banyak dikirim ke wilayah-wilayah lain di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan daging sapi nasional, terutama menjelang hari-hari besar seperti Idulfitri dan Iduladha,” jelas Abdul Hadi.

Meski demikian, menurutnya NTB pun tidak lepas dari tantangan yang ada untuk mencapai lumbung pangan nasional. 

Tantangan yang harus dihadapi oleh NTB adalah support dan komitmen dari pemerintah daerah untuk memajukan sektor pertanian, perkebunan, dan peternakan.

“Kami di DPR RI akan memperjuangkan agar pemerintah pusat juga ikut berkontribusi dan menyelesaikan tantangan tersebut. Di antara tantangan tersebut antara lain infrastruktur irigasi yang terbatas, akses transportasi dan distribusi serta keterbatasan akses terhadap teknologi dan alat-alat pertanian,” jelasnya.

Maka dari itu, Abdul Hadi memohon doa dan dukungan dari Masyarakat NTB agar bisa memberikan kontribusi untuk pengembangan NTB sebagai Lumbung Pangan Nasional dengan memaksimalkan peran sebagai Anggota DPR RI. * (putri)