Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tuan Rumah Sumut Harus Puas dengan Satu Emas di Cabor Renang PON XXI

Felix Viktor Iberle, perenang asal Sumut. foto: junita sianturi

SuaraTani.com - Medan| Harapan Sumatera Utara (Sumut) untuk menambah medali dari cabang olahraga renang di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Sumut-Aceh kandas sudah. 

Felix Viktor Iberle tak mampu mengalahkan perenang andal Joe Aditya Wijaya Kurniawan dari DKI Jakarta. 

Felix hanya mampu berada di urutan keempat dengan catatan waktu 23.35 detik pada final di nomor 50 M Gaya Bebas Putra yang berlangsung di Kolam Renang Selayang Disporasu, Medan, Kamis (19/9/2024) sore.

Di babak penyisihan pun, Felix hanya berada diurutan kelima dengan catatan waktu 23.62 detik. 

Ketika dihubungi usai pertandingan, pria berusia 19 tahun ini mengaku sedikit kecewa dengan gagalnya menambah medali emas untuk Sumut.

“Sebelum ini, saya ada sakit, demam jadi kurang fit untuk ikut berlomba. Kecewa, pasti kecewa ya, karena Sumut berharap saya bisa memberi dua medali emas di cabor renang di PON XXI 2024 ini,” kata Felix.

Meski Felix gagal menambah emas untuk Sumut, namun banyak penonton yang minta foto dengannya di belakang venue. 

Menurut Ida, seorang penonton yang berhasil berfoto dengan Felix mengatakan, meski Felix tak berhasil menyumbangkan emas untuk Sumut, namun sebagai tuan rumah tetap harus didukung.

“Menang kalah itu kan bukan nomor satu. Felix sudah berusaha memberikan yang terbaik, tapi belum beruntung saja. Semoga ke depan Felix bisa lebih membanggakan Sumut,” ujar Ida yang datang bersama putranya.

Sebagai informasi, selain Felix tim Sumut hanya mengirimkan tiga atlet renang untuk mengikuti PON XXI 2024 ini.

Guntur yang bertanding di nomor 50 M Gaya Punggung Putra, Senin (16/9/2024) tak mampu meraih medali. Ia hanya mampu bertanding di babak penyisihan dengan catatan waktu 32.04 detik. 

Kegagalan yang sama juga dialami perenang putri, Grecia Marjorie Hutapea tak mampu masuk ke final pada pertandingan yang berlangsung di hari pertama, Sabtu (14/9/2024).

Dengan gagalnya kedua perenang Sumut dalam meraih medali, harapan Sumut hanya tertumpu pada Felix Viktor Iberle yang berhasil meraih emas di nomor 50 M Gaya Dada Putra. Viktor mampu mencatatkan waktu terbaikya 28.36 detik.

Sebelumnya, Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Aquatik Sumatera Utara (Sumut), Kabir Bedi mengatakan, untuk renang, Sumut menyiapkan tujuh atlet renang. Dan, dari tujuh atlet renang tersebut ada yang empat di renang dan tiga di open water.

“Dari empat ini, ada satu yang memang melakukan latihan intensif di luar negeri, Malaysia, yakni Felix Viktor Iberle. Jadi memang untuk andalan terbesar Sumut itu untuk medali ya Felix,” kata Kabir. 

Untuk diketahui ini adalah pertandingan terakhir PON XXI 2024 yang akan ditutup oleh Pressiden Joko Widodo (Jokowi) besok, (Jumat, 20/9/2024).* (junita sianturi)