Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PON XXI, Azzahra Sabet Emas di Nomor 400 M Gaya Ganti Perorangan Putri, Waktu 4:55.50

Kontingen Sulawesi Tengah (Sulteng), Azzahra Permatahani berhasil meraih emas di cabang olahraga (cabor) renang dengan nomor 400 Meter (M) Gaya Ganti Perorangan Putri. foto: junita sianturi

SuaraTani.com - Medan| Kontingen Sulawesi Tengah (Sulteng), Azzahra Permatahani berhasil meraih emas di cabang olahraga (cabor) renang dengan nomor 400 Meter (M) Gaya Ganti Perorangan Putri.

Azzahra mampu mencatatkan waktu 4:55.50 di pertandingan final pada pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang dilaksanakan di Kolam Renang Selayang Disporasu, Medan, Minggu (15/9/2024).

Sementara kontingen Jawa Timur (Jatim), Resa Kania Dewi meraih perak dengan catatan waktu 5:04.30. Disusul DKI Jakarta, Elysha Chloe Pribadi hanya mampu meraih perunggu dengan catatan waktu 5:08.60.

Sedangkan tim Kalimantan Barat, Gusti Ayu Made Nadya Saraswati dan Michelle Surjadi Fang asal Banten tak mampu meraih medali.

Azzahra yang memberikan keterangan pers usai pertandingan, mengatakan persiapan yang dilakukanya mulai dari start hingga akhir finish semuanya strategis sesuai dengan yang diharapkan.

“Kalau strategis saya di 100 M pertama tidak boleh terlalu menggebu-gebu, karena kita tetap harus kontrol. Jadi, kita save energy sampai di finish terakhir. Jadi, strategi saya tidak terlalu cepat saja sih,” jelasnya.

Ia mengakui lawan-lawannya mempunyai strategi masing-masing dan mereka mempunyai kualitas yang sangat baik. 

“Jadi menurut saya, bagi saya semua daerah itu lawan dan diri saya sendiri lawan terberat saya,” ujarnya.

Melihat catatan waktu di akhir finish, 4:55.50 merupakan waktu tercepat yang dicapai Azzahra sepanjang sejarah pertandingan.

“Ini waktu tercepat yang pernah saya raih sepanjang sejarah pertandingan renang. Rata-rata waktu yang saya peroleh tak pernah di bawah lima menit,” ucap wanita berusia 22 tahun ini.

Ke depan Azzahra menargetkan untuk fokus pada waktu renangnya. Karena, catatan waktu yang baik pasti medali akan mengikuti.

Ia juga mengatakan, medali yang diterimanya saat ini merupakan medali kedua setelah pertandingan di hari pertama (Sabtu, 14/9/2024) mendapatkan perak untuk nomor 200 M Gaya Punggung dengan catatan waktu 2:19.93.

“Medali ini saya persembahkan buat Sulawesi Tengah, dan buat keluarga,” kata Azzhara yang telah mengikuti pertandingan PON untuk yang ketiga kalinya.

Di mana PON I yang diiikutinya di Jawa Barat tahun 2016 atau PON XIX ia berhasil meraih dua emas dan tiga perak. Sementara PON XX di Papua tahun 2020, Azzahra berhasil mengumpulkan satu emas, tiga perak dan satu perunggu.* (junita sianturi)