Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pj Gubernur Resmikan Galeri Kreasi Dekranasda Sumut di Bandara Kualanamu

Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni didampingi Pj Ketua Dekranasda Sumut Tyas Fatoni meresmikan Galeri Kreasi Dekranasda Sumut di Bandara Kualanamu, Deliserdang, Kamis (5/9/2024). foto: ist

SuaraTani.com - Deliserdang| Pj Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni mengajak masyarakat berkunjung ke Galeri Kreasi Dekranasda Sumut untuk berbelanja produk-produk wastra maupun kerajinan lainnya. 

“Saya mengajak masyarakat untuk berbelanja di galeri kreasi ini, kita ramaikan ini jika sedang datang atau berangkat dari Kualanamu,” kata Fatoni.

Hal ini diungkapkannya usai meresmikan Galeri Kreasi Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumut yang berlokasi di Bandara Kualanamu, Deliserdang, Sumut, Kamis (5/9/2024).

Dikatakannya, galeri tersebut merupakan bagian dari upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut untuk menaikkan kelas UMKM atau pengrajin. 

Di galeri tersebut dijual berbagai produk yang berasal dari pengrajin yang bermitra dengan Dekranasda Sumut.

“Galeri inilah upaya kita untuk menaikkan kelas UMKM, kita bantu promosinya dan sebagainya, kita harapkan galeri ini diramaikan,” ucap Fatoni.

Sebagaimana diketahui, saat ini Pekan Olahraga Nasional (PON) sedang berlangsung di Sumut dan dapat menjadi peluang bagi UMKM untuk meningkatkan pemasaran produk kerajinan Sumut. 

Fatoni mengatakan akan hadir ribuan tamu keluar-masuk dari Bandara Kualanamu.

“Dengan PON ini juga kita harapkan, produk-produk kerajinan kita juga lebih dapat dikenal masyarakat luar, khususnya tamu-tamu PON. Ada ribuan yang datang ke sini, selain produk kerajinan, sektor hotel, kuliner dan lainnya juga terkena dampak positif dari PON ini,” ujarnya.

Sementara itu, Pj Ketua Dekranasda Sumut Tyas Fatoni mengatakan selama ini Dekranasda Sumut memiliki berbagai program guna meningkatkan daya saing para pengrajin. Mulai dari pelatihan hingga promosi rutin juga dilakukan Dekranasda Sumut.

“Di galeri ini bahkan kita promosikan produk-produk hasil para pengrajin yang sudah kita beri pelatihan. Hasilnya bagus bagus, dan punya daya saing yang tinggi,” kata Tyas Fatoni.

Menurutnya, galeri di Bandara merupakan salah satu strategi pemasaran kerajinan Sumut yang efektif, terlebih jika tujuan pemasarannya untuk masyarakat yang belum mengetahui Sumut. 

Dia berharap galeri tersebut dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat luar Provinsi Sumut mengenai kerajinan asli Sumut.

Peresmian ditandai dengan pemotongan rangkaian bunga oleh Fatoni didampingi Tyas Fatoni. Galeri merupakan hasil dari renovasi galeri yang telah ada sebelumnya. Di sini juga menjual beragam produk kerajinan mulai dari wastra, makanan, hingga kopi.

Turut hadir di antaranya Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral Sumut Mulyadi Simatupang, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumut Naslindo dan Wakil Ketua Harian Dekranasda Sumut Dian Arief S Trinugroho. * (junita sianturi)