Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Petrokimia Gresik Ajak Rekan Jurnalis Gresik Jadi Pahlawan Pangan Nasional.

Vice President Komunikasi Korporat Petrokimia Gresik, Rama Yusron Harbiansyah (tiga dari kiri) bersama rekan jurnalis Gresik melakukan tanam bersama di momen Hari Tani Nasional pada program Petrokimia Gresik Award Caturwulan II-2024. foto: ist

SuaraTani.com - Gresik| Petrokimia Gresik mengajak wartawan yang bertugas di wilayah Kabupaten Gresik menjadi pahlawan pangan dalam program Petrokimia Gresik Award (PGA) Caturwulan II 2024 di Gresik, Jawa Timur.

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo menyampaikan, ketahanan pangan bukan menjadi tanggung jawab petani semata. Tapi seluruh elemen masyarakat, termasuk juga rekan-rekan  jurnalis dalam mendorong terciptanya pertanian di Indonesia yang maju dan berkelanjutan.

"Kami berkolaborasi dengan banyak pihak dalam meningkatkan produktivitas pertanian dan memajukan pertanian Indonesia. Kali ini kita berkolaborasi dengan teman-teman wartawan Gresik di momen Hari Tani Nasional," jelasnya dalam siaran pers yang diterima Seni (30/9/2024).

Vice President Komunikasi Korporat Petrokimia Gresik, Rama Yusron Harbiansyah menambahkan  PMA merupakan wadah komunikasi yang dibangun Petrokimia Gresik bersama jurnalis yang bertugas di wilayah Gresik. 

Program ini memberikan apresiasi untuk karya jurnalistik, baik dari media online, cetak maupun  televisi terkait berita positif perusahaan. Pelaksanaannya setiap empat bulan sekali dengan kemasan yang  berbeda setiap periodenya.

"Periode ini kebetulan bertepatan dengan momen Hari Tani Nasional. Karena itu kami mengajak seluruh wartawan Gresik untuk berkontribusi pada program ketahanan pangan nasional dengan ikut merasakan menjadi pahlawan pangan, para petani yang luar biasa," ujar Rama.

Adapun kegiatan pertama yang diikuti wartawan Gresik adalah menjadi petani urban. Setiap wartawan  mendapat kesempatan bercocok tanam di lahan AgroTech Center perusahaan.   

Wartawan juga dikenalkan pada pertanian urban dengan mengoptimalkan lahan yang ada di rumah. Berikutnya, Petrokimia Gresik bersama wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan  Indonesia (PWI) Gresik dan Komunitas Wartawan Gresik (KWG) memberikan bantuan kepada SMK  Muhammadiyah 5 Gresik dan SMK Al Falah Gresik. 

Bantuan yang diberikan berupa bantuan untuk pelaksanaan renovasi media pembelajar green house yang ada di sekolah.

"Dengan mengajak wartawan untuk turut merasakan menjadi pahlawan pangan, kegiatan memberikan  experience  yang  dapat mendukung kinerja rekan-rekan jurnalis. Pada saat rekan-rekan menulis pemberitaan terkait pertanian, mereka bisa mendapatkan "feel-nya," jelas Rama.

Ia menambahkan, pada Caturwulan II 2024, Mei-Agustus, jumlah publikasi mencapai  694 pemberitaan. Terdiri dari 599 karya jurnalistik media online, 109 media cetak, dan 7 publikasi media televisi.

"Program ini implementasinya mampu mendorong wartawan Gresik untuk menggali dan memberitakan segala potensi perusahaan. Memberitakan dampak baik atau kontribusi positif perusahaan maupun   program-program perusahaan dalam rangka memajukan pertanian di Tanah Air," ujarnya.

Sebelumnya, PMA juga mendapatkan banyak apresiasi dari stakeholder. Terbaru, PGA berhasil memboyong Silver Winner pada kategori Program Media Relation Terbaik 2024 di ajang Media Relations Award 2024.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Serikat Perusahaan Pers (SPS), di Bandung, Jawa Barat.

Dikatakannya, Petrokimia Gresik merupakan perusahaan yang peduli, dekat dan harmonis dengan stakeholder media sebagai upaya mendukung kelancaran operasional bisnis perusahaan. 

"Melalui program Petrokimia Media Award kami berkomitmen memperkuat hubungan baik jangka panjang dengan seluruh  stakeholder media sebagai salah satu upaya dengan meningkatkan pemberitaan positif perusahaan," tutupnya. * (junita sianturi)