Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pengamanan MotoGP Mandalika 2024 Diperketat, 2.738 Personel Diturunkan

Operasi pengamanan pada event MotoGP di Sirkuit Mandalika ini melibatkan 2.738 personel dari Mabes Polri, Polda NTB, Polres, Polresta, Polsek, serta dukungan TNI. foto: humas polri

SuaraTani.com - Mandalika| Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) telah menggelar Operasi Mandalika Gatari 2024 guna memastikan kelancaran dan keamanan pelaksanaan event MotoGP di Sirkuit Mandalika.

Operasi pengamanan ini melibatkan 2.738 personel dari Mabes Polri, Polda NTB, Polres, Polresta, Polsek, serta dukungan TNI.

Berbagai langkah strategis telah diambil untuk menjaga kelancaran lalu lintas, pengamanan pintu masuk, hingga area sekitar sirkuit.

Wadirlantas Polda NTB, AKBP Leo Dendy menjelaskan, operasi ini melibatkan lima pola pengamanan, mencakup rute utama dari empat pelabuhan dan satu bandara menuju kawasan ekonomi khusus Mandalika.

Di dalam kawasan Mandalika, dua pintu masuk utama, yaitu di sisi timur dan barat, dijaga ketat oleh personel.

“Pengamanan tidak hanya di pintu masuk, namun juga di 41 pos pengamanan yang tersebar di zona timur, tengah, dan barat. Kami pastikan seluruh akses terjaga selama 24 jam untuk memberikan rasa aman kepada penonton dan peserta MotoGP,” ungkap AKBP Leo Dendy.

Selain pengamanan darat, Polda NTB juga memfokuskan upaya antisipasi gangguan dari udara. Sebanyak tujuh bukit strategis di sekitar sirkuit, seperti Bukit Seger, Bukit Jokowi, dan Bukit 360, dijaga oleh personel yang bertugas mengantisipasi potensi gangguan drone.

“Kami menempatkan pasukan di bukit-bukit strategis, serta pasukan anti-drone untuk memastikan keamanan dari gangguan udara,” lanjut AKBP Leo Dendy.

Selain pengamanan fisik, Ditlantas Polda NTB telah mempersiapkan manajemen rekayasa lalu lintas guna mengantisipasi kemacetan selama event berlangsung. 

Untuk mencegah terjadinya kemacetan parah, Leo Dendy menyatakan bahwa sistem contraflow dan one-way akan diterapkan jika terjadi lonjakan penonton pada Sabtu dan Minggu (28-29/9/2024).

“Simulasi dan rekayasa lalu lintas akan diberlakukan jika terjadi lonjakan, terutama di area Bundaran Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid,” jelasnya.

Dengan berbagai langkah ini, Polda NTB optimistis bahwa pelaksanaan MotoGP Mandalika 2024 akan berlangsung aman dan lancar tanpa hambatan berarti, baik dari aspek keamanan darat, udara, maupun arus lalu lintas. * (wulandari)