Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pemkab Langkat Dorong Pengentasan Kemiskinan dan Pengangguran Melalui Pendidikan Vokasi

Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Drs H Rudi Kinandung MAP, saat menjadi pembina  Apel Gabungan ASN di halaman Kantor Bupati Langkat di Stabat, Senin (23/9/2024). foto: ist

SuaraTani.com - Stabat| Upaya menyelesaikan masalah kemiskinan dan pengangguran di Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) harus dilakukan secara sistemik dan menyeluruh dengan melibatkan dunia usaha dan masyarakat secara optimal. 

Salah satu yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Langkat, adalah melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia, khususnya melalui pendidikan dan pelatihan vokasi berbasis kompetensi. 

"Ini sebagai solusi untuk meningkatkan daya saing angkatan kerja dan mengurangi angka pengangguran," kata Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Drs H Rudi Kinandung MAP, saat menjadi pembina Apel Gabungan Aparatur Sipil Negara (ASN) di halaman Kantor Bupati Langkat di Stabat, Senin (23/9/2024). 

Faisal Hasrimy menekankan, peran vital UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Langkat, yang telah diatur dalam Peraturan Bupati Langkat Nomor 40 Tahun 2021 tentang pembentukan dan tugas BLK di bawah naungan Dinas Ketenagakerjaan Langkat.

Revitalisasi BLK ini sangat penting, sejalan dengan kebijakan Presiden RI yang mencetuskan transformasi sektor ketenagakerjaan, termasuk sembilan lompatan Kementerian Ketenagakerjaan. Di antaranya transformasi BLK, link and match ketenagakerjaan, hingga reformasi kelembagaan.

Dalam rangka mewujudkan transformasi ini, langkah-langkah yang harus dilakukan antara lain adalah meningkatkan daya tarik dan kepercayaan publik terhadap BLK, reformasi kelembagaan untuk meningkatkan kinerja pelayanan.

Kemudian, inovasi pelatihan yang menjawab tantangan ketenagakerjaan, dan revitalisasi fasilitas BLK untuk meningkatkan kualitas pelatihan.

Rudi Kinandung juga mengingatkan ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Langkat untuk terus bekerja dengan penuh pengabdian sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing.

"Kinerja ASN sangat menentukan keberhasilan program-program pemerintah dalam menuntaskan kemiskinan dan pengangguran di Langkat," tegasnya. * (bram)