Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pemkab Langkat akan Gelar Gebyar Tubing 1000 Ban dan Launching Pasar Menawan

Panitia Gebyar Tubing 1000 beraudiensi ke Pj Bupati Langkat. foto: ist

SuaraTani.com - Stabat| Dalam waktu dekat Kabupaten Langkat akan menggelar dua event, yakni Gebyar Tubing 1000 Ban Ekowisata Tangkahan dan Launching Pasar Menawan Kuliner Jajanan Kampung Desa Timbang Lawan. 

Kegiatan yang akan digelar pada 29 September dan 2 Oktober 2024 ini untuk menarik para wisawatan sekaligus memberi peluang bagi pelaku usaha lokal memasarkan produk mereka.

"Kita menyambut baik rencana pelaksanaan dua event besar yang diharapkan mampu menggerakkan sektor pariwisata dan ekonomi lokal di Kabupaten Langkat," kata Pj Bupati Langkat, HM Faisal Hasrimy AP MAP.

Ia mengatakan itu saat menerima audiensi panitia pelaksana event di Ruang Rapat Rumah Dinas Bupati Langkat di Stabat, Selasa (24/9/2024).

Dalam pertemuan itu, Faisal Hasrimy menegaskan komitmen pemerintah daerah untuk mendukung penuh kedua event tersebut. 

"Kami sangat mendukung inisiatif ini. Selain mempromosikan keindahan alam Tangkahan dan Bukit Lawang, kegiatan ini akan memberikan peluang bagi pelaku usaha lokal untuk memasarkan produk mereka," ujarnya.

Dia berharap event tersebut tidak hanya menarik wisatawan, tetapi juga menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dan melestarikan budaya lokal.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Langkat, Nur Elly Heriani Rambe MM yang hadir mendampingi unsur kepanitiaan menjelaskan, Gebyar Tubing 1000 Ban akan diadakan pada tanggal 2 Oktober 2024 di Sungai Tangkahan, Batang Sarangan. 

Kegiatan ini melibatkan masyarakat Desa Namu Sialang, Desa Sei Serdang, serta lembaga pariwisata Tangkahan  dengan jarak tempuh tubing sekitar 12 km yang membutuhkan waktu sekitar 3 jam. 

"Kami berharap event ini dapat menjadi agenda tahunan yang mampu menarik wisatawan dari berbagai daerah," ungkap Nur Elly.

Untuk Launching Pasar Menawan Kuliner Jajanan Kampung di Desa Timbang Lawan, Kecamatan Bahorok akan dilaksanakan pada 29 September 2024. 

Pasar Menawan ini akan menampilkan berbagai jajanan tradisional yang akan dibuka setiap hari Minggu, pukul 07.00-11.00 WIB, di Jalan Lintas Bukit Lawang, Pantai Si Bolang.

"Pasar Menawan ini diharapkan menjadi destinasi kuliner baru yang menghidupkan ekonomi lokal serta memperkenalkan ragam makanan tradisional khas Langkat," terang Nur Elly.

Panitia kegiatan, Rusliadi, meminta Pj Bupati Langkat berkenan hadir pada kedua acara tersebut. Kehadiran Pj Bupati Langkat diharapkan dapat memberikan bimbingan dan arahan serta secara resmi membuka kegiatan. 

"Kami berkomitmen untuk menyelenggarakan acara yang aman, berkesan, dan melibatkan masyarakat lokal dalam setiap tahap persiapannya," katanya. * (bram)