Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Langkat Terima Rp230 Miliar Dana Desa

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, H Mulyono saat memimpin apel gabungan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Halaman Kantor Bupati Langkat di Stabat, Senin (9/9/2024). foto: ist

SuaraTani.com - Stabat| Tahun 2024, Pemerintah Pusat telah menyalurkan dana desa sebesar Rp230.399.657.000 kepada Kabupaten Langkat, Provisi Sumatera Utara (Sumut). 

"Dana tersebut diperuntukkan bagi 240 desa di wilayah Langkat dan penggunaannya telah ditentukan," kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, H Mulyono, mewakili Pj Bupati Langkat HM Faisal Hasrimy.

Ia mengatakan itu saat memimpin apel gabungan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Halaman Kantor Bupati Langkat di Stabat, Senin (9/9/2024). 

Mulyono menekankan pentingnya peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur pemerintah desa dalam mengatur dan mengelola keuangan desa untuk mewujudkan pembangunan desa yang berkelanjutan. 

"Pemanfaatan dana desa harus selaras dengan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan sebagaimana peraturan yang berlaku, " katanya. 

Adapun dana desa yang telah diluncurkan dengan rincian, untuk Program Pemulihan Ekonomi, termasuk perlindungan sosial dan penanganan kemiskinan ekstrem melalui Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa dengan alokasi maksimal 25% dari anggaran dana desa.

Kemudian, Program Ketahanan Pangan dan Hewani mendapat alokasi minimal 20% dari anggaran dana desa, Program Pencegahan dan Penurunan Stunting dilaksanakan di tingkat desa. 

Selanjutnya, Program Sektor Prioritas Desa sesuai dengan potensi dan karakteristik masing-masing desa serta penyertaan modal pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"Untuk Operasional Pemerintah Desa dibatasi maksimal 3% dari pagu dana desa," jelas Mulyono. 

Selain penyaluran dana desa, tambah Mulyono, Pemkab Langkat juga mengalokasikan dana sebesar Rp138.725.799.000 untuk penghasilan tetap (Siltap) perangkat desa, serta Rp11.356.260.000 untuk dana bagi hasil tahun 2024.

Selain itu Mulyono juga menyampaikan kabar baik terkait prestasi Kabupaten Langkat di tingkat Provinsi Sumut. 

Yakni, juara 1 Lomba BUMDes tingkat Provinsi Sumut. Penghargaan itu diraih Bumdes Mekar Jaya Abadi Desa Sei Limbat, Kecamatan Selesai. Dengan membawa pulang uang pembinaan Rp50.000.000. 

Kemudian juara 1 Lomba Desa Percontohan PTP2WKSS tingkat Provinsi Sumut. Penghargaan ini diraih Desa Suka Makmur, Kecamatan Binjai dengan membawa pulang uang pembinaan sebesar Rp40.000.000. 

Penghargaan ini diserahkan pada peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di Medan. * (bram)