Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Hasil Pencabutan Nomor Urut, Satika-Sarlandy dapat Nomor Urut 1

Paslon Satika Simamora-Sarlandy Hutabarat (Satika-Sarlandy) mendapat nomor urut 1 pada penetapan dan pencabutan nomor urut yang digelar KPU Taput, Senin (23/9/2024) sore, di Gedung KPU Taput, Kompleks Pasar Baru Tarutung. foto: ist

SuaraTani.com - Taput| Tahapan pilkada Taput 2024 memasuki tahap penetapan dan pencabutan nomor urut yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Senin (23/9/2024) sore, di Gedung KPU Taput, Kompleks Pasar Baru Tarutung.

Pasangan calon (Paslon) Satika Simamora-Sarlandy Hutabarat (Satika-Sarlandy) mendapat nomor urut 1 dan Jonius Taripar Hutabarat-Denny Lumbantoruan (JTP-DENS) nomor 2.

Sebelum pengundian nomor urut paslon, lebih dahulu dibacakan tata tertib dan mekanisme pengundian nomor urut.

Sesuai tatib yang disepakati komisioner KPU Taput dan dibacakan bahwa terlebih dahulu dilakukan pencabutan nomor antrian. Pencabutan nomor antrian yang pertama dilakukan oleh calon wakil bupati berdasarkan urutan pertama yang mendaftar ke KPU Taput.

Paslon JTP-Deni Lumbantoruan adalah yang pertama mendaftar yakni pada tanggal 28 Agustus, disusul paslon Satika Simamora-Sarlandy Hutabarat, mendaftar pada tanggal 29 Agustus 2024.

Sehingga Calon Wakil Bupati Deni Lumbantoruan yang pertama kali mencabut nomor antrian. Deni mencabut nomor antrian 12. Kemudian pencabutan nomor antrian dilakukan Sarlandy Hutabarat, dan mencabut nomor antrian 4.

Sesuai tatib yang disepakati, nomor antrian terkecil adalah yang pertama melakukan pencabutan nomor urut dilakukan paslon Satika-Sarlandy. Satika Simamora-Sarlandy Hutabarat mencabut nomor urut 1. Paslon JTP-DENS nomor urut 2.

Dengan demikian nomor urut paslon Satika-Sarlandy pada Pilkada Taput 2024 adalah nomor 1. Sedangkan pasangan calon JTP-DENS adalah nomor urut 2.

Nomor urut kemudian dituangkan dalam Berita Acara Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Taput pada Pilkada Taput 2024.

Paslon Satika Simamora-Sarlandy Hutabarat diusung partai PDIP dan PKB, sedangkan paslon Jonius Taripar Hutabarat -Denny Lumbantoruan diusung partai koalisi gemuk yaitu Nasdem, Hanura, Golkar, Gerindra, Demokrat dan PSI.

Setelah penandatanganan berita acara, paslon Satika Simamora-Sarlandy mengajak seluruh penyelenggara pemilu, Bawaslu, dan seluruh masyarakat Taput agar senantiasa menjaga etika politik santun.

"Hendaklah pillkada Taput dilakukan dengan santun dan damai. Jangan ada perpecahan di masyarakat, karena kita akan bersama sekarang dan besok. Pilih lah calon bupati sesuai hati nurani mu. Kita seluruhnya masih diikat persaudaraan," ucap Sarlandy Hutabarat.

Calon Bupati Taput nomor urut 1, Satika Simamora juga menginginkan perhelatan Pilkada Taput dilakoni dengan santun dan kasih. 

"Setinggi apa pun ilmu dan ekonomi mu mari berpolitik santun. Mari jalani demokrasi dengan kasih. Huhaholongi do ho," kata Satika Simamora.* (darwin nainggolan)