Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Cabor Sambo PON XXI Aceh-Sumut 2024, Jabar Raihan Emas Terbanyak

Laga final cabor Sambo PON XXI Aceh-Sumut 2024 di GOR Langkat. foto: ist

SuaraTani.com - Stabat| Pertarungan cabang olahraga Sambo di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 resmi berakhir, Kamis (19/9/2024). 

Event nasional empat tahunan itu secara resmi ditutup oleh Ketua Pengurus Besar Persatuan Sambo Indonesia (PB Persambi) Krisna Bayu didampingi Sekdakab Langkat H Amril S Sos MAP. 

Kontingen Jawa Barat dipastikan tampil sebagai kampiun dengan meraup delapan emas, dua perak dan empat perunggu pada event empat tahunan yang digelar di GOR Manunggal Langkat Berseri, Stabat, 16-19 September 2024.

Sementara, Sumatera Utara (Sumut) harus puas bertengger ditempat kedua dengan raihan  lima emas, tiga perak dan lima perunggu. Kemudian disusul kontingen Banten dengan dua medali emas dan satu perunggu.

Urutan keempat diraih Jawa Timur dengan satu emas dan lima perunggu. Kontingen Jawa Tengah harus puas diurutan kelima dengan raihan satu emas dan empat perunggu.

Pelatih Sambo Sumut, Tansa Nainggolan mengatakan, perolehan lima emas di cabor Sambo telah memenuhi target awal. Sebagai pelatih, 

Tansa Nainggolan mengucapkan rasa terimakasih kepada para atlet atas dedikasi dan kerja keras mereka hingga mampu memberikan penampilan terbaik di event ini.

“Hasil ini merupakan pencapaian yang membanggakan bagi Sumatera Utara. Saya berterima kasih kepada semua atlet yang telah memberikan usaha maksimal,” ujar Tansa Nainggolan. 

Hal senada diungkapkan pelatih Sambo Jawa Barat Yusni Yohan. Selain rasa puas atas pencapaian yang diraih para atletnya, Yusni Yohan juga mengapresiasi arena pertandingan yang dinilai memenuhi standar internasional.

 “Alhamdulillah, hasil ini merupakan bukti kerja keras tim. Kami juga sangat puas dengan fasilitas serta arena pertandingan di Langkat. Dan ini  memberikan pengalaman positif bagi para atlet,” tutup Yusni Yohan. 

Saat menutup event tersebut, Amril  mengapresiasi semua pihak yang telah berperan dalam menyukseskan penyelenggaraan perhelatan nasional olahraga empat tahunan di daerahnya.

Amril pun menegaskan Kabupaten Langkat sangat bangga menjadi bagian penting dalam pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut 2024. 

Pasalnya, jauh sebelum event tersebut digelar, Kabupaten Langkat telah menunjukkan kesiapan  dalam mendukung pengembangan olahraga di tingkat nasional.

"Melalui ajang ini, kita tidak hanya meraih prestasi, tetapi juga mempererat persatuan dan sportivitas di antara para atlet dari berbagai daerah. Ini merupakan cerminan dari komitmen Kabupaten Langkat untuk terus mendukung perkembangan olahraga, khususnya Sambo," ujarnya.

Sementara, Ketua PB Persambi Krisna Bayu juga menyampaikan terima kasih atas dukungan penuh Pemkab Langkat dalam pelaksanaan Cabor Sambo di PON XXI. 

Ia memberikan pesan kepada para atlet agar tetap rendah hati bagi yang meraih kemenangan dan terus berjuang bagi yang belum berhasil.

“Langkat telah memberikan fasilitas terbaik bagi para atlet Sambo dan kami sangat berterima kasih atas dukungan yang luar biasa. Kami berharap kerjasama ini akan terus berlanjut dalam pengembangan olahraga ke depannya,” ujar  Krisna Bayu.

Laga final cabor Sambo PON XXI Aceh-Sumut 2024 di GOR Langkat. * (bram)