Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tyas Fatoni Buka Jambore Kader PKK Sumut 2024

Pj Ketua TP PKK Provinsi Sumut Tyas Fatoni membuka secara resmi Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2024 yang ditandai dengan pemukulan gong di Ballroom Hotel Le Polonia Medan, Senin (19/8/2024). foto: ist

SuaraTani.com - Medan| Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Tyas Fatoni membuka Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2024. 

Kegiatan ini berlangsung di Hotel Le Polonia Medan, Sumut, Senin (19/8/2024).

Tyas berharap, melalui kegiatan Jambore Kader PKK maka kedepannya untuk terus membangun kerja sama yang baik antarkader. Dan, juga dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) anak bangsa, serta meningkatkan kesejahteraan keluarga.

"Karena pelaksanaan, persiapan, dan percepatan penguatan 10 program PKK tidak terlepas dari aspek kualitas SDM. Hal ini menjadi penting, di mana angka stunting perlu kita perhatikan betul guna untuk mempersiapkan SDM generasi ke depan menuju generasi emas 2045," kata Tyas.

Menurutnya, Jambore PKK merupakan suatu wadah untuk berkumpul, bersilaturahmi dan bertukar pengalaman, manambah wawasan pengetahuan dan penghargaan.

Sehingga dapat memotivasi para kader untuk meningkatkan kinerja, sesuai dengan tema Kader PKK, yaitu ‘Ceria, Cerdik, Cekatan Demi Sumut Mantap dan Harmoni Serta Menuju Indonesia Maju’.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Pendidikan Kesehatan, Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat Suherman menyampaikan, PKK merupakan mitra pemerintah dalam mendukung pelaksanaan pembangunan. 

Yang mempunyai potensi dan posisi strategis untuk berkontribusi terhadap pemberdayaan masyarakat, khususnya keluarga.

PKK kata Suherman, memegang peran penting dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan desa,  terutama keterlibatannya pada kegiatan pendidikan, kesehatan, pengelolaan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat desa.

"Saya senantiasa memberikan dukungan terhadap kegiatan Jambore tahun 2024 yang saya yakini akan menjadi silaturahmi, terciptanya ide-ide kreatif, sesuai dengan kegiatan program yang dicanangkan oleh pemerintah," ucapnya.

Menurutnya PKK memiliki peranan strategis dalam mendayagunakan Posyandu yang saat ini telah bertransformasi sebagai lembaga kemaslahatan desa. 

Posyandu bukan lagi berperan sebagai objek pembangunan tetapi merupakan entitas mitra pemerintah desa dalam mendukung pembangunan yang sejalan dengan semangat otonomi daerah atau otonomi desa, sesuai amanat Undang-Undang Desa.

"Saya mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh kader PKK dari Kabupaten/Kota se-Sumut untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan," ujarnya. * (junita sianturi)