Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tingkatkan Produktivitas Pertanian di 2025, Komisi IV Dorong Penyediaan Infrastruktur

Ketua Komisi IV DPR RI Sudin. foto: ist

SuaraTani.com - Jakarta| Komisi IV DPR RI berharap sektor pertanian Indonesia akan tumbuh menguat pada tahun 2025. 

Karena itu, Komisi IV mendorong pemerintah untuk menyediakan infrastruktur pertanian yang memadai. Sehingga produktivitas pertanian Indonesia akan meningkat serta dapat memenuhi kebutuhan domestik.

Ketua Komisi IV DPR RI Sudin mengatakan, Komisi IV mengatakan, menyusun kebijakan dapat mempertimbangkan peningkatan pemanfaatan teknologi dan dorongan terhadap komersialisasi pertanian.

Yang diharapkan dapat meningkatkan produktivitas penyediaan bahan makanan untuk memenuhi permintaan domestik akan menjadi fokus utama. 

"Melalui penyediaan infrastruktur pertanian yang memadai, sektor pertanian Indonesia dapat mengatasi tantangan dan menggunakan peluang yang ada untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang kuat,” ujar Sudin.

Hal itu dikatakannya saat membuka Rapat Kerja Komisi IV dengan Menteri Pertanian di Gedung Nusantara, DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (26/8/2024).

Adapun perihal penyediaan infrastruktur pertanian ini juga didapatkan Komisi IV DPR RI dari hasil kunjungan kerja Komisi IV DPR RI ke Bali. 

Petani menyampaikan bahwa di Bali mereka banyak sekali mendapat bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan), tetapi hal yang lebih dibutuhkan mereka saat ini adalah irigasi tersier. 

Keberadaan irigasi tersier ini sangat dibutuhkan oleh petani sebagai antisipasi perubahan iklim mengingat beberapa saat lalu Indonesia sempat mengalami penurunan produktivitas dengan adanya  El Nino.

“Kalau alsintan bisa sewa, yang kami harapkan itu adalah irigasi tersier yang tidak bisa disewa. Dan saya menjadi terpikir bagaimana supaya perbaikan irigasi-irigasi tersier, sekunder maupun primer itu lebih difokuskan dan lebih dipercepat. Karena mereka bilang, sebaik apapun bibit benih tapi kalau airnya tidak ada sama juga bohong,” pungkasnya.* (jasmin)