Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ribuan Masyarakat Siatas Barita Hadiri Temu Kangen dengan Satika Simamora

Temu Kangen Satika Simamora dengan Petenun Ulos se Kecamatan Siatas Barita di Desa Pancur Napitu, Kamis (22/8/2024). foto: ist

SuaraTani.com - Taput| Suasana gembira dan bahagia dirasakan masyarakat Kecamatan Siatas Barita Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) pada temu kangen dengan bakal calon (Balon) Bupati Taput Satika Simamora dan balon Wakil Bupati, Sarlandy Hutabarat.

Hal tersebut tampak dalam acara bertajuk "Temu Kangen Satika Simamora dengan Petenun Ulos se Kecamatan Siatas Barita"  yang dilaksanakan di Desa Pancur Napitu, Kamis (22/8/2024).

Acara tersebut dihadiri ribuan masyarakat dari berbagai elemen dengan mayoritas perajin ulos dan lansia.

Satika Simamora hadir bersama Nikson Nababan serta  rombongan dan disambut pekikan serentak masyakat "Huhaholongi do ho"(kukasihi dirimu).

Uli Arta Hutabarat mewakili petenun ulos menyampaikan ucapan terima kasih kepada Satika Simamora yang selama ini telah membina dan peduli terhadap nasib para perajin tenun.

"Terima kasih ibu Satika Simamora atas perhatiannya kepada kami," ucap Uli.

Dikatakannya, saat ini perajin terkendala dalam harga dan pemasaran hasil jual tenun. 

"Mudah-mudahan apabila terpilih sebagai pemimpin kendala yang kami hadapi ini menjadi satu program nantinya," ujarnya.

Diakuinya, Satika Simamora telah memperjuangkan dan membantu para pengrajin tenun melalui UMKM maupun mengenalkan Ulos ke tingkat nasional bahkan internasional.

Uli Arta juga mengucapkan terimakasih kepada mantan Bupati Taput Nikson Nababan (suami Satika Simamora) atas perhatiannya yang telah memberikan sertifikat kepada perajin tenun Ulos.

"Kami siap mendukung penuh Satika Simamora, Huhaholongi do ho," kata Uli.

Paltak Siburian, seorang tokoh sukses dari Kecamatan Siatas Barita yang telah menetap di Jakarta sangat mengagumi prestasi mantan Bupati Taput 2 periode Nikson Nababan dalam membangun Taput.

Meski ia tidak begitu mengenal Nikson Nababan apalagi semasa menjabat sebagai Bupati Taput tetapi karya-karyanya dalam membangun Taput sungguh luar biasa. Salah saru karyanya adalah Bandara Silangit.

"Saya tadi berangkat dari Jakarta, dalam hitungan 2 jam sudah sampai di Tarutung," ucap Paltak disambut tepuk tangan hadirin.

Ia juga menyampaikan agar masyarakat tidak terhasut oleh isu gender (perempuan menjadi Bupati) dan dikaitkan dengan adat Batak oleh oknum tidak bertanggung jawab dalam perhelatan Pilkada Taput.

"Tuhan menciptakan manusia itu berdampingan untuk saling mencukupi dan mempunyai hak yang sama. Jadi tidak pas untuk membedakan jenis kelamin dalam memilih pemimpin. Apalagi sampai dikaitkan dengan adat istiadat," ungkapnya 

Dikatakan, tugas Bupati adalah bersifat administrasi dan juga sebagai pelayan masyarakat.

"Satika Simamora sebagai pengganti bapak Nikson Nababan  yang telah berbuat banyak untuk kita,"jelasnya.

Pada puncak acara, Satika Simamora mengatakan acara temu kangen ini untuk menjalin silaturahmi  dengan masyarakat Siatas Barita, khususnya perajin tenun yang pernah dipimpinnya sewaktu menjabat ketua Dekranasda Taput.

Satika juga menyampaikan kesiapan dirinya sebagai Bacalon Bupati Taput periode 2024-2029.

"Jujur, saya tidak pernah bermimpi untuk sebagai istri Bupati atau sebagai Balon Bupati, tetapi itulah kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa. 10 tahun saya sebagai istri Bupati dan kali ini masyarakat dan partai-partai pendukung meminta saya untuk melanjutkan pembangunan di Taput. Apakah kalian setuju?" ucap Satika dan dijawab "setuju" dari hadirin.

Terkait perajin tenun Ulos, Satika berjanji akan membuat program khusus bagi pengrajin tenun dan pelaku UMKM.

"Kaum ibu  harus bisa kreatif dan dapat mencari uang dari rumah, cita-cita dan harapannya, dan itu semua bisa terwujd apabila saya terpilih menjadi Bupat. Huhalongongi doho," pungkasnya.

Mantan Bupati 2 periode Nikson Nababan dalam kesempatan tersebut mengatakan, di balik kesuksesan seorang suami ada istri yang tangguh.

Nikson memaknai itu atas pengalamannya sebagai Bupati 10 tahun dan didampingi istrinya Satika Simamora yang telah banyak membuat masukan maupun saran-saran yang baik.

"Program lansia dan berobat gratis, itu adalah masukan dari Satika Simamora," ucap Nikson.

Sebelumnya ia telah menyodorkan ke beberapa orang untuk menjadi Balon Bupati Taput menggantikan Satika Simamora.

"Syaratnya harus melanjutkan program-program yang telah saya buat terdahulu. Ternyata tidak ada yang sanggub. Nah, pilihan terbaik menurut saya yang bisa melakukan itu adalah istri saya Satika Simamora bersama pak Sarlandy Hutabarat yang sebelumnya menjadi wakil saya," jelasnya.

"Untuk itu mari kita sama-sama berdoa dan saling mendukung untuk mewujudkan hal itu demi anak cucu kita dan Tapanuli Utara," pungkas Nikson.

Acara temu kangen diakhiri dengan makan bersama, serta pemberian susu kepada lansia dan anak-anak serta pemberian tali asih kepada warga yang menderita penyakit akut. * (darwin nainggolan)