Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PON XXI, Riau Bawa Pulang Dua Medali di Nomor Palang Tunggal

Abiyu Raffi, pesenam dari Riau berhasil meraih emas di nomor palang tunggal senam artistik PON XXI 2024 di GOR Dispora Sumut, Jalan Willeam Iskandar, Deliserdang, Sabtu (31/8/2024). foto: junita sianturi

SuaraTani.com - Deliserdang| Kontingen Riau kembali mengumpulkan medali untuk cabang olahraga (Cabor) Senam Artistik di PON XXI tahun 2024 yang dilaksanakan di GOR Dispora Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (31/8/2024).

Tak tanggung-tanggung, dua medali diraih atlet senam Riau di nomor palang tunggal. Medali Emas diraih pesenam Abiyu Raffi dengan nilai 17.700 dan medali perak diraih Agung Suci Tantio Akbar dengan nilai 12.233.

Sedangkan medali perunggu diraih pesenam Fajar Abdul Rohman Al’Ali, kontingen dari Sumatera Selatan dengan nilai 12.033.

Agung yang tampil di nomor urut lima tadinya sempat menduduki nilai tertinggi dibanding pesenam lainnya. Agung yang tampil luar biasa berhasil memukai tim juri meskipun diakhir pertandingan, Agung sempat kehilangan keseimbangan.

Kepala Agung mengenai matras. Namun, tim juri memberi penilaian yang luar biasa. Agung mendapat nilai 12.233. Untuk kemudian, Abiyu Raffi yang tampil di nomor urut terakhir tampil begitu sempurna.

Abiyu berhasil menikung nilai Agung dan menduduki nilai tertinggi dari pesenam lainnya. 

Saat ditemui usai pertandingan, Agung yang tadinya berharap medali emas, mengatakan sangat nervous ditambah waktu bermain yang tergolong lama.

“Sangat-sangat gugup ditambah waktunya yang termasuk lama. Sehingga saya kehilangan keseimbangan. Tapi, tetap disyukuri masih bisa mendapat medali perak,” jelasnya.

Untuk persiapan dalam menghadapi PON XXI Aceh-Sumut, Agung mengatakan, penuh persiapan untuk bisa tampil maksimal.

“Sangat ekstra, persiapannya benar-benar sangat matang. Kita ingin tampil sempurna meski kita tak berani menargetkan medali emas. Target pertama tampil sempurna,” ujarnya.

Dan, hari ini di final palang tunggal saya mendapat medali perak dan final palang sejajar dapat medali emas. Jadi, dua medali berhasil saya sumbangkan untuk Provinsi Riau,” kata Agung.

Sementara Fajar Abdul Rohman Al’Ali, kontingan Sumatera Selatan di pertandingan final senam artistic hari ini berhasil mempersembahkan dua medali untuk Sumatera Selatan.

“Di final Palang Tunggal saya mendapat medali perunggu sementara di final Palang Sejajar saya dapat medali perak. Hari ini dua medali saya persembahkan untuk Sumatera Selatan,” kata Fajar.

Menurut Nurdin, ayah Fajar yang menyaksikan pertandingan tersebut sangat bersyukur kepada Tuhan karena anaknya bisa mendapat medali.

Dipertandingan pertama, Fajar juga kata Nurdin meraih perunggu di nomor around dan untuk beregu juga dapat perunggu.

“Memang kita targetkan bisa dapat medali emas seperti di PON XX di Papua tahun 2020 di  nomor kuda-kuda. Begitupun kita tetap bersyukur, Fajar bisa menyumbangkan medali untuk masyarakat Sumatera Selatan,” kata Nurdin. * (junita sianturi)