Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kukuhkan Volunteer PON XXI, Pj Gubernur Sumut Optimis Pecahkan Rekor MURI

Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni menghadiri Gebyar Semarak PON XXI Aceh - Sumut Tahun 2024 dan Pengukuhan Blue Volunteer PON XXI Aceh - Sumut untuk wilayah Batubara, Asahan dan Tanjungbalai di Kantor Bupati Batubara, Kamis (15/8/2024). foto: ist

SuaraTani.com - Batubara| Pj Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni mengukuhkan 20.000 blue volunteer Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI untuk wilayah Kabupaten Batubara, Asahan dan Kota Tanjung Balai. 

Sementara jumlah peserta yang mendaftar volunteer mencapai lebih dari 81.000 peserta. Karena itu, Fatoni optimis angka tersebut dapat memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk volunteer PON terbanyak se-Indonesia.

“Saat ini sudah terdaftar kurang lebih 81 ribu volunteer, dan akan kita pecahkan rekor MURI,” kata Fatoni dalam kegiatan Gebyar Semarak PON XXI Aceh - Sumut Tahun 2024 dan Pengukuhan 20.000 Blue Volunteer PON XXI Aceh - Sumut untuk wilayah Batubara, Asahan dan Tanjungbalai.

Kegiatan tersebut berlangsung di Halaman Kantor Bupati Batubara, Jalan Lintas Sumatera - Limapuluh, Kabupaten Batubara, Sumut, Kamis (15/8/2024).

Fatoni juga mengajak masyarakat untuk ikut mendaftar sebagai blue volunteer. Volunteer kategori ini merupakan mereka yang tetap bekerja dan beraktivitas seperti biasa.

“Blue volunteer adalah sukarelawan yang mendedikasikan, mencurahkan energinya bersama-sama untuk menyukseskan PON,” ucap Fatoni.

Selain itu, Fatoni juga mengajak masyarakat untuk turut menyukseskan PON XXI. Masyarakat bisa berkontribusi sesuai dengan peran dan kapasitasnya masing-masing. Mulai dengan meramaikannya media sosial hingga menyambut para peserta dengan keramahan.

“Terakhir kita jadi tuan rumah PON itu tahun 1953, sudah lama sekali, tahun ini kita jadi tuan rumah. Kalau nanti digilir, kalau ada 38 provinsi mungkin kira-kira bisa 80 tahun lagi kita baru bisa jadi tuan rumah,” ujar Fatoni.

Dirinya meminta masyarakat agar menjaga nama baik Sumut, salah satunya dengan menjaga situasi lingkungan. Masyarakat Sumut bisa mengenalkan potensi yang ada di daerah ini, seperti budaya, kekayaan alam hingga kuliner.

“Perekonomian akan tumbuh, semoga Sumut pun juga mendunia, mari kita terus jaga nama baik ini,” ujar Fatoni.

Pj Bupati Batubara Heri Wahyudi Marpaung mengatakan, masyarakat Batubara mendukung pelaksanaan PON XXI yang akan diselenggarakan di Sumut, khususnya Batubara. 

Heri pun berharap dengan pengukuhan volunteer tersebut akan menambah semangat masyarakat untuk menyukseskan PON XXI Wilayah Sumut.

“Mudah-mudahan pelaksanaan pengukuhan hari ini mendapat ridho dan berkah dari Allah SWT sehingga PON ini dapat terlaksana sesuai dengan keinginan kita,” kata Heri. * (junita sianturi)