Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Dewan Pimpinan Wilayah Tani Merdeka Indonesia Sumut Dilantik, Ini Harapan Pj Gubernur

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut, Rajali saat membacakan sambutan Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni pada acara pelantikan DPW Tani Merdeka Indonesia, Provinsi Sumut di Medan, Sabtu (10/8/2024). foto: junita sianturi

SuaraTani.com - Medan| Sektor pertanian merupakan sektor strategis dan berperan penting dalam perekonomian nasional, kelangsungan hidup masyarakat, 

Terutama sumbangannya terhadap pertumbuhan produk domestik regional bruto (PDRB) cukup tinggi serta mampu menyerap tenaga kerja di samping penyediaan kebutuhan pangan dan sebagai penyedia bahan baku industri.

"Peran penting tersebut harus menjadi perhatian utama dalam pembangunan setiap daerah. Sehingga mampu menjadi penopang pertumbuhan ekonomi dan ketahanan pangan di daerah," kata Pj Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni.

Agus Fatoni menyampaikan itu dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut, Rajali pada acara pelantikan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Tani Merdeka Indonesia, Provinsi Sumut di Medan, Sabtu (10/8/2024).

Hadir dalam pelantikan tersebut, Ketua DPW Tani Merdeka Indonesia Sumut M Husni, dan Ketua Umum DPP Tani Merdeka Indonesia Don Muzakir.

Pj Gubernur juga mengatakan. peran penting sektor pertanian juga harus dapat dijadikan kekuatan utama untuk mengembangkan sektor hilirisasi pertanian. Sehingga mampu meningkatkan nilai tambah dari produk pertanian tersebut.

"Sumatera Utara termasuk salah satu provinsi yang memiliki potensi cukup besar pada sektor pertanian baik komoditas tanaman pangan, hortikultura maupun perkebunan. Potensi itu telah menunjukkan tren yang positif pada sektor produksi. Sehingga sumbangsih sektor pertanian di Sumut termasuk pada kategori terbaik secara nasional," jelasnya.

Namun, pengembangan pada sektor hilirisasi kata Fatoni, harus dapat dijalankan secara bersamaan. sehingga peningkatan nilai tambah pada produk pertanian dapat meningkat secara optimal.

"Itulah sebabnya, saya sangat mengapresiasi pelantikan DPW Tani Merdeka Indonesia Provinsi Sumatera Utara pada hari ini," ujarnya.

Hadirnya DPW  Tani Merdeka Indonesia menjadi salah satu penguat pada sektor pertanian di Sumut. Baik pada pengembangan hulu berupa budidaya pertanian, maupun hilirisasi produk pertanian berupa sistem pemasaran yang layak bagi petani.

Dikatakannya, keberadaan entitas ini diharapkan mampu menjadi agen perubahan melalui pendampingan dan transfer pengetahuan.

Sebab, kumpulan orang-orang hebat pada hari ini, sepertinya akan menjadi penopang utama dalam pembangunan pertanian di sumatera utara.

"Kita berharap, dengan kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas serta kerja ikhlas akan menjadikan Sumut menjadi provinsi yang berdaya saing pada sektor pertanian. Sehingga kualitas hidup petani kita dapat menjadi lebih baik," kata Pj Gubernur.

Ia berharap kepada pengurus yang baru dilantik pada hari ini, dapat memberikan kontribusi positif dalam pembangunan pertanian. Sebab, masih banyak persoalan pertanian yang harus diselesaikan secara bersama-sama.

"Saya sangat berharap apa yang dilakukan hari ini dapat diterapkan di Sumut dan semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa meridhoi seluruh aktivitas kita serta mengabulkan harapan terbaik kita," tutup Fatoni. * (junita sianturi)






sekian dan terima kasih

wassalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh


pj. gubernur sumatera utara


    dr. drs. a. fatoni, m.si