Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Bapanas Pantau Ketersediaan Stok Cadangan Pangan Pemerintah

Bapanas melakukan pemantauan Gudang Bulog Bukit Tunggal, Palangkaraya Povinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk memastikan stok CPP tersedia. foto: ist

SuaraTani.com - Jakarta| Badan Pangan Nasional (Bapanas) secara ruin melakukan pemantauan ketersediaan stok Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) di lapangan. 

Kali ini, Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Pangan Kelik Budiana melakukan pemantauan Gudang Bulog Bukit Tunggal, Palangkaraya Povinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk memastikan stok CPP tersedia. 

"Tujuan kami adalah untuk memastikan ketersediaan cadangan pangan dengan harga yang stabil untuk  kebutuhan masyarakat,” ujar Kelik dalam siaran pers yang dikutip, Jumat (9/8/2024) di Jakarta.

Dalam kesempatan yang sama Pimpinan Wilayah Bulog Kalteng, Budi Cahyanto mengatakan bahwa ketersediaan stok CPP Wilayah Kalteng dalam kondisi yang cukup dan aman. 

Data yang ada sampai dengan 6 Agustus 2024, stok beras di gudang Bulog Kalimantan Tengah sebesar 1.324 ton yang terdiri dari 971 ton beras PSO (beras SPHP dan beras untuk CBP).

Dan, 353 ton beras komersil (jenis Ir 42 dan Ir 64). Selain beras terdapat juga stok untuk komoditas gula pasir sebesar 30 ton dan minyak goreng sebanyak 1.787 botol. 

Bulog Kalteng juga mempunyai cold storage yang berada di komplek kantor wilayah dengan kapasitas 7,5 ton daging beku. Stok yang ada sampai saat ini terdiri dari daging sapi beku sebanyak 648 kilogram dan daging ayam beku sebanyak 29 kilogram.

Perwakilan dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalteng menyambut baik dengan adanya peran Bulog dalam menyediakan CPP. * (putri)