Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pj Bupati Taput Tunjuk 7 ASN Sebagai Ajudannya, Berikut Namanya

Ketua fraksi PDI Pejuangan Jimmi Tambunan saat membacakan pendapat akhir Fraksi. foto: ist

SuaraTani.com - Taput| Pj Bupati Tapanuli Utara (Taput) Dimposma Sihombing menugaskan 7 orang Aparatur Sipil Negeri (ASN) di Lingkungan Pemkab Taput menjadi ajudannya dalam melaksanaan tugas-tugasnya. 

Belum diketahui apa yang menjadi dasar pertimbangan Dimposma memiliki ajudan lebih banyak dibandingkan Bupati Taput defenitif terdahulu.

Terkait penugasan 7 orang ajudan itu, dipertanyakan anggota DPRD Taput, Jimmi Tambunan di hadapan Pj Bupati pada saat rapat paripurna pembacaan pendapat akhir fraksi  di Kantor DPRD Taput, Senin (15/7/2024).

Jimmi saat membacakan pendapat akhir fraksi PDI Perjuangan mempertanyakan hal apa yang menjadi urgensi. Sehingga Dimposma mengangkat ajudannya sampai 7 orang. 

Di sisi lain, pengangkatan 7 orang ajudan disebut dapat menambah beban anggaran. Padahal saat ini Pemkab Taput sedang menekan pengeluaran anggaran.

"Penambahan 7  ajudan dapat dilihat sebagai langkah yang kontra produktif. Karena hal tersebut dapat berpotensi menambah beban anggaran," kata Jimmi.

Penggunaan  dana untuk penunjukan ajudan dalam jumlah besar dapat dianggap sebagai pemborosan. Mengingat masih ada prioritas lain yang mungkin lebih mendesak dan membutuhkan pengalokasian anggaran.

"Diminta kepada Pj Bupati Taput untuk mempertimbangkan kembali kebijakan pengangkatan 7 ajudan tersebut," ucapnya.

Setelah fraksi-fraksi menyampaikan pendapat masing-masing, Pj Bupati kemudian membacakan ulang saran dan masukan yang disampaikan fraksi-fraksi.

Sementara itu, berdasarkan penelusuran wartawan, seorang ajudan Bupati Taput menerima tunjangan sebesar Rp5 juta setiap bulannya.

Selain tunjangan, seorang ajudan juga menerima biaya perjalanan dinas di setiap perintah tugas saat mengikuti kegiatan Pj Bupati Taput di dalam maupun di luar daerah.

Ke 7 ajudan yang ditugasi Pj Bupati Taput yakni Andy Marojahan Situmeang, (II C) unit kerja di Badan Keuangan dan Aset Daerah Taput.

Chorintias Vinicius Pandu Mangaraja, SH (III C) di Bagian Hukum Setdakab Taput, Dody Patrick Ferian Sihombing (IV) di Dinas Pariwisata Taput.

Ernaria Cita Siregar, A.Md (II C) di RSUD Tarutung, dr. Bobby Simanjuntak (lV B) di Dinas Kesehatan Pemkab Taput, Drs. Satya Dharma Nababan, M.Si (lV B) di kelurahan Pasar Siborongborong.

Dan, Marito Sawitri Delila Simanjuntak, SH, MAP (lV A) di Dinas Perhubungan.* (darwin nainggolan)