Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pembangunan Jalan Lingkar Luar Siborongborong Tahap III Dilanjutkan, Selesai Tahun Ini

Pembangunan Jalan Lingkar Luar (Ringroad) Siborongborong, Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) akan dilanjutkan kembali. foto: ist

SuaraTani.com - Taput| Pembangunan Jalan Lingkar Luar (Ringroad) Siborongborong, Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) yang sempat berhenti 3 tahun akan dilanjutkan kembali.

Pembangunan tahap ketiga ini akan segera dituntaskan dan ditargetkan selesai pada tahun ini untuk kemudian dioperasikan penggunaannya.

"Pembangunan Jalan Lingkar Siborongborong tahap ketiga akan segera terealisasi tahun ini dengan sumber dana dari APBN," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Taput, Dalan Simanjuntak,  Jumat (5/7/2024) di ruang kerjanya.

Kepastian lanjutan pembangunan tahap ketiga Jalan Lingkar Siborongborong sesuai informasi yang diperoleh dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Utara (Sumut). Dengan anggaran sebesar Rp74 miliar lebih.

Biaya sebesar itu akan digunakan untuk menuntaskan pekerjaan lanjutan sepanjang 6 kilometer, dari dari Desa Lobu Siregar 1 menuju Desa Pohan Toga. 

"Pembangunan tahap ketiga ini tidak ada ganti rugi bagi pemilik lahan peruntukan pembangunan jalan. Ganti rugi hanya akan diberikan kepada warga pemilik bangunan dan makam. Itu juga apabila terdampak progres pembangunan jalan,"sebutnya.

Tidak adanya ganti rugi, sambung Dalan, merupakan kesepakatan warga pemilik lahan yang dengan sukarela menyerahkan lahan mereka demi kelanjutan pembangunan jalan dimaksud.

"Atas kerelaan masyarakat pemilik lahan, Pemkab Taput mengapresiasi dan menyampaikan terimakasih banyak. Semoga pembangunan tahap ketiga ini dapat berjalan lancar," ucap Dalan. 

Sekdakab Taput, Indra Simaremare, ketika dimintai konfirmasi, Jumat (5/7/2024) di ruang kerjanya, bersyukur atas perjuangan dan lobi-lobi Pemkab Taput. Hingga permohonan pembangunan lanjutan jalan lingkar luar Siborongborong dapat disetujui pemerintah pusat.

Indra juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh warga pemilik lahan yang dengan sukarela menyerahkan lahannya untuk pembangunan tahap ketiga ini.

"Sehingga tidak ada lagi segelintir orang yang berusaha menggagalkan rencana pembangunan seperti pada tahap awal. Semoga tidak ada lagi pihak yang berusaha memprovokasi warga yang berusaha untuk menggagalkan pembangunan ini," kata Indra.* (darwin nainggolan)