Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Operasi Patuh Jaya Mulai Digelar Hari Ini Hingga 28 Juli, Targetkan 14 Jenis Pelanggaran

Korlantas Polri menggelar Operasi Patuh Jaya 2024 di seluruh wilayah Indonesia mulai hari ini, Senin (15/7/2024) hingga 28 Juli 2024. foto: humas polri

SuaraTani.com - Jakarta| Korlantas Polri akan menggelar Operasi Patuh Jaya 2024 di seluruh wilayah Indonesia mulai hari ini, Senin (15/7/2024) hingga 28 Juli 2024.

Operasi ini akan digelar serentak oleh jajaran polda se-Indonesia dalam rangka mewujudkan masyarakat yang tertib berlalu lintas. 

Dalam operasi ini, Korlantas Polri menargetkan 14 jenis pelanggaran yang akan jadi fokus penindakan, yakni kendaraan yang melawan arus jalan, berkendara di bawah pengaruh alkohol.

Kemudian, menggunakan ponsel saat mengemudi, tidak mengenakan helm SNI, tidak menggunakan sabuk keselamatan.

Lalu, pengendara yang melebihi batas kecepatan, berkendara di bawah umur atau tidak memiliki SIM, berboncengan lebih dari satu, kendaraan roda empat atau lebih tidak memenuhi laik jalan.

Target operasi lainnya yaitu kendaraan yang tidak dilengkapi STNK, melanggar marka jalan, memasang rotator dan sirine bukan peruntukan, menggunakan pelat nomor atau TNKB palsu, dan parkir liar.

Polres Metro Depok Kerahkan 140 Personel

Terkait OPerasi Patuh Jaya tersebut, Polres Metro Depok mengerahkan 140 personel di sejumlah titik.

“Polres Metro Depok mengerahkan 140 personel dalam Operasi Kepolisian Patuh Jaya 2024 selama 14 hari di wilayah Depok,” kata Kapolres Metro Depok Kombes Arya Perdana dalam keterangannya, Senin (15/7/2024).

Dia mengatakan Operasi Patuh Jaya ini digelar 15 Juli hingga 28 Juli 2024 bersama pemerintah. Tujuannya untuk mengingatkan kepatuhan pengendara lalu lintas mencegah adanya kecelakaan.

“Operasi Kepolisian Patuh Jaya 2024, tanggal 15 Juli-28 Juli 2024 yang akan kami laksanakan bersama pemerintah terkait. Tujuannya adalah mengingatkan kepatuhan terhadap pengendara lalu lintas kemudian mencegah laka lantas dan menciptakan kamseltibcarlantas kondusif di Depok ini,” jelasnya.

Ada 5 titik yang akan disasar jajaran Polres Metro Depok diantaranya Jalan Raya Margonda, Jalan H IR Juanda, Jalan Raya Bogor, Jalan Kartini dan Jalan Boulevard GDC.

Dalam operasi ini, Polisi menggandeng instansi terkait. Kapolres mengajak seluruh masyatakat untuk selalu menjaga tata tertib berlalu lintas.

Dikatakannya, personel mengedepankan sikap edukatif dan persuasif serta humanis didukung penegakan hukum lalu lintas (gakkum lantas) secara elektronik baik statis maupun mobile. 

Serta teguran simpatik dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas guna meningkatkan kesadaran terhadap keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas). * (wulandari)