Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Menhub Akui Sudah Berdinas di IKN Sejak 11 Juli

Menhub menggelar rapat dengan Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Otorita IKN Silvia Halim dan Direktur Pembangunan Jalan Kementerian PUPR Wida Nurfaida, pada Jumat (12/7/2024) sore. foto: ist

SuaraTani.com - Penajam Paser Utara| Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, sejak Kamis (11/7/2024) pihaknya mulai berdinas di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Menhub Budi Karya menempati Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. Serta telah melakukan beberapa rapat dengan sejumlah pihak di rumah dinasnya tersebut.

“Sudah dua hari ini saya berdinas di rumah jabatan Menteri di IKN. Selama itu pula, saya telah melakukan sejumlah rapat dan koordinasi dengan beberapa pihak untuk membahas isu-isu terkait kesiapan infrastruktur transportasi di IKN,” ungkap Menhub.

Hal ini disampaikan Menhub saat meninjau lokasi jalur Trem Otonom di Jalan Sumbu Kebangsaan pada Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Jumat (12/7/2024).

Salah satu rapat yang dilakukan Menhub adalah rapat dengan Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Otorita IKN Silvia Halim dan Direktur Pembangunan Jalan Kementerian PUPR Wida Nurfaida, pada Jumat (12/7/2024) sore. 

Rapat tersebut membahas sejumlah isu, mulai dari progres pembangunan infrastruktur ART, rencana uji coba ART, rencana implementasi manajemen lalu lintas saat upacara Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus 2024. Hingga dukungan Ditjen Perhubungan Darat dalam pembangunan IKN.

Sebelumnya, Menhub mengatakan, bahwa rangkaian Autonomous Rail Transit (ART) atau Trem Otonom dijadwalkan tiba di IKN pada akhir Juli dan beroperasi pada Agustus 2024. 

Menurutnya, rangkaian Trem Otonom telah dikirim dari China pada awal Juli 2024. Dan, berdasarkan perhitungan, kapal ekspedisi yang mengangkut Trem otonom tersebut akan tiba di Pelabuhan Balikpapan.

Dan, dijadwalkan tiba di IKN pada akhir Juli 2024 setelah proses kepabeanan selesai. 

"Dengan demikian, Trem Otonom dipastikan sudah bisa beroperasi pada Agustus 2024,” ujar Menhub.

Turut hadir dalam rapat tersebut Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal, Direktur Prasarana Perkeretaapian Djarot Tri Wardhono, dan Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Arif Anwar. * (jasmin)