Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Komisi IV Bersama KKP Bagikan Benih Ikan Mas kepada 10 Poktan di Agara

Wakil Ketua DPR RI Budhy Setiawan menyerahkan bantuan benih ikan mas kepada Kelompok Tani (Poktan) di Balai Benih Ikan (BBI) Lawe Bekung, Kabupaten Aceh Tenggara (Agara), Provinsi Aceh. foto: ist

SuaraTani.com - Aceh Tenggara| Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi IV DPR RI bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan bantuan benih ikan mas kepada 10 Kelompok Tani (Poktan).

Bantuan tersebut diserahkan  di Balai Benih Ikan (BBI) Lawe Bekung, Kabupaten Aceh Tenggara (Agara), Provinsi Aceh, Selasa (16/7/2024).

Wakil Ketua DPR RI Budhy Setiawan yang memimpin kunjungan kerja reses ini mengatakan, ikan sangat strategis bagi pemenuhan gizi keluarga dan juga mengatasi krisis pangan. 

Saat ini, Indonesia dari segi gizi memiliki program penurunan angka stunting. Stunting ini adalah penyakit yang disebabkan kekurangan gizi berdampak pertumbuhan fisik dari anak itu tidak tinggi alias pendek.

"Yang lebih berbahaya lagi perkembangan otaknya menjadi terbatas. Nah, ikan merupakan sumber protein yang murah. Kami dari Komisi IV terus meminta kepada Pak Tubagus Heru (Perwakilan KKP) untuk terus mengembangkan balai benih-balai benih yang ada di provinsi maupun kabupaten/kota yang ada di Indonesia," jelasnya.

Dikatakannya, benih ikan ini diharapkan bisa diduplikasi bisa diperbanyak oleh kelompok pembenihan budidaya ikan. 

"Tidak ada artinya Balai Benih Ikan Lawe Bekung ini apabila bapak ibu sebagai kelompok pembenihan indukan maupun pembenihan ikan tidak bisa melakukan perbanyakan dari ikan ini," jelasnya.

Ikan ini kata Budhy, merupakan sumber protein yang murah, yang juga menolong perkembangan gizi masyarakat. 

"Menurut ahli gizi perkembangan otak yang paling baik bagi seseorang itu dari usia 0 sampai dengan usia 3 tahun. Pada masa itulah pertumbuhan otak sangat ditentukan oleh asupan gizi. Yang paling baik adalah ikan," ujarnya.

Ikan lanjut Budhy, paling murah ketimbang protein hewan lain seperti sapi ataupun kambing, namun protein omega 3 ini juga sangat menentukan apakah otak anak bisa menjadi cerdas.

Hadir dalam pertemuan Tim Kunker Reses Komisi IV DPR RI tersebut antara lain pejabat Sekretaris Daerah, Yusrizal mewakili Pj Bupati Aceh Tenggara.

Kapolres Agara, AKBP R Doni Sumarsono S. Ik, M. H, Dandim 0108, Letkol Czi Arya Murdyantoro, ST, Kajari Aceh Tenggara, Erawati SH.

Ketua komisi B DPRK, Kasri Selian, Ketua MAA, Talib Akbar, Kepala Dinas Perikanan, Para OPD, masyarakat petani serta tamu undangan lainnya. * (putri)