Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ketua Bappilu PDI-P Sumut: Kami Utamakan Kader di Pilkada Taput

Ketua Bappilu DPD PDI-P Sumut, Mangapul Purba. foto: ist

SuaraTani.com - Taput| Teka-teki siapa bakal calon bupati yang akan diusung PDI Perjuangan pada perhelatan Pilkada Tapanuli Utara (Taput) 2024 masih misteri. 

Namun dalam waktu tidak terlalu lama lagi, surat tugas atau rekomendasi dari DPP akan segera diumumkan.

"Sampai saat ini, kepada siapa rekomendasi diberikan untuk calon bupati di Pilkada Taput masih berproses di DPP. Namun dalam waktu dekat, paling lambat akhir bulan Juli akan segera diumumkan," kata Ketua Bappilu DPD PDI-P Sumut, Mangapul Purba, melalui telepon selulernya, Jumat (26/7/2024).

Sejauh ini kata Mangapul Purba, sebanyak 4 nama bakal calon bupati yang mendaftar melalui mekanisme penjaringan di DPC PDIP Taput. 

Selanjutnya, keseluruhan bakal calon telah menjalani proses penelitian dan wawancara di DPD PDI-P Sumut untuk diajukan ke DPP. Yakni Satika Simamora, Porada Nababan, Erikson Sianipar dan Jonius Taripar Hutabarat.

Pada tahap wawancara, DPD PDI-P Sumut kemudian melakukan wawancara penelitian, supervisi terhadap seluruh bakal calon. 

"Semua temuan dari hasil wawancara dan penelitian terhadap bakal calon, kami tuangkan dalam resume dan diajukan ke DPP untuk mendapatkan rekomendasi," kata Mangapul.

Ditanya soal keempat bakal calon yang paling potensial mengantongi rekomendasi DPP untuk diusung pada Pilkada Taput serta kemungkinan untuk mengusung non kader?

Mangapul mengatakan, sepenuhnya merupakan keputusan DPP, namun lebih mengutamakan kader. 

"Semua bakal calon bupati yang mendaftar melalui DPC, kami lakukan wawancara dan proses penelitian dan diajukan ke DPP. Tetapi kalau masih ada kader partai yang layak, tentu kami akan lebih mengutamakan kader," ujarnya.

Untuk diketahui, ada 4 bakal calon bupati Taput yang mendaftar melalui DPC PDI Perjuangan Taput, yakni Satika Simamora, Porada Nababan, Erikson Sianipar dan Jonius Taripar Hutabarat. 

Dua di antaranya merupakan kader PDI Perjuangan yakni Satika Simamora dan Porada Nababan. Satika Simamora merupakan caleg terpilh DPRD Sumut dari Dapil Sumut 9, meliputi Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Toba, Humbang Hasundutan, Samosir dan Kota Sibolga.

Istri mantan Bupati Taput, Nikson Nababan ini sudah mengantongi surat tugas maju sebagai calon bupati dari Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sedangkan Porada Nababan saat ini menjabat sebagai anggota DPRD Sumut.* (darwin nainggolan)