Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Juara Piala AFF U-19, Puan: Garuda Muda Menyala!

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir bersama tim Merah Putih U-19 yang berhasil menjuarai ASEAN 19 Boy's Championships 2024 usai mengalahkan Thailand di final dengan skor, 1-0 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jatim, Senin (29/7/2024). foto: ist

SuaraTani.com - Jakarta| Ketua DPR RI Puan Maharani mengungkapkan rasa bangganya atas keberhasilan Timnas Indonesia U-19 yang keluar sebagai juara Piala ASEAN Football Federation (AFF) U-19 tahun 2024 usai mengalahkan Thailand.

Ia menyebut, Garuda muda telah membuktikan hasil kerja kerasnya dengan baik.

"Kemenangan ini merupakan bukti kerja keras, semangat, dan dedikasi yang luar biasa dari Garuda Muda," ujar Puan melalui rilis di Jakarta, Selasa (30/7/2024).

Diketahui, Indonesia mengalahkan Thailand dengan skor tipis 1-0 pada laga final yang diselenggarakan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Senin (29/7/2024) malam. 

Jens Raven berhasil membawa Indonesia menjadi juara setelah mencetak gol semata wayangnya pada menit ke-18 pada babak pertama.

Puan menyebutkan, keberhasilan Timnas Indonesia U-19 merupakan keberhasilan seluruh rakyat Indonesia. 

"Garuda muda menunjukan taringnya. Dengan semangat dan kerja keras pantang menyerah mereka mampu mengibarkan bendera Indonesia di kancah internasional. Garuda muda menyala!" ucapnya.

Puan menilai kemenangan Indonesia lahir dari dedikasi dan kerja keras seluruh tim, baik para atlet Timnas U-19, pelatih dan staf yang telah memberikan kontribusi besar. 

Ia berharap keberhasilan yang diraih Indonesia saat ini harus menjadi motivasi bagi seluruh pemain muda Indonesia lainnya untuk terus berprestasi. Prestasi akan menjadi pelecut semangat tim-tim Garuda Indonesia di seluruh cabang olahraga. 

"Semoga ini menjadi motivasi bagi atlet Indonesia lainnya, termasuk kontingen kita yang tengah berjuang dalam Olimpiade Paris," kata Politisi Fraksi PDI-Perjuangan ini.

Generasi muda berprestasi adalah aset untuk Indonesia karena merekalah calon pemimpin bangsa di masa depan. 

"Berikan apresiasi dan penghargaan kepada para atlet, pelatihan juga staf yang telah bekerja keras. Mereka harus didukung baik secara moril maupun materil," jelas Puan.

Dirinya juga mendorong pemerintah untuk semakin memperbanyak pembibitan atlet-atlet muda tanah air. Tak hanya pemerintah pusat, namun juga pemerintah daerah.

Menurutnya, Pemerintah harus memaksimalkan potensi-potensi generasi muda dengan mengakomodir melalui program-program penjaringan, pelatihan, dan berbagai sarana lain. 

"Tentunya juga dengan mendukung melalui fasilitas yang dibutuhkan para atlet. Termasuk dukungan bagi sekolah-sekolah yang memiliki siswa berprestasi dalam bidang olahraga” ucapnya.

Menutup pernyataannya, Puan ingin kemenangan ini menjadi momentum kebangkitan sepakbola nasional serta dapat membangkitkan kepercayaan diri para atlet dan masyarakat agar Indonesia bisa lolos ke Piala Asia. * (putri)