Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ini Arahan Menpora dalam Rakor PB PON XXI Tahun 2024 Wilayah Sumut

Menpora Dito Ariotedjo menghadiri Rakor Panitia Besar (PB) PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut wilayah Sumut. foto: ist

SuaraTani.com - Jakarta| Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut wilayah Sumut.

Rakor digelar secara virtual melalui aplikasi Zoom, Senin (15/7/2024) dari Graha Kemenpora, Jalan Gerbang Pemuda Nomor 3 Senayan.

Dalam rakor tersebut, Menpora Dito menyampaikan arahan dalam persiapan penyelenggaraan PON yang perdana digelar di dua provinsi itu. Arahan tersebut harus menjadi perhatian semua pihak yang terlibat.

Yang pertama, perihal venue cabang olahraga (cabor), Menpora berharap bisa segera diselesaikan dengan batas waktu akhir Juli atau paling lambat awal Agustus.

“Semoga penyelesaian venue-venue ini sudah ada perkembangan dan kita jadikan perhatian bersama,” ujarnya.

Ia menginginkan pengadaan peralatan yang bersumber dari APBD dan APBN segera dipercepat. Dalam pengadaannya ini, penting untuk meminta pendampingan kepada LKPP serta untuk akuntabilitas kepada Kajati, Polda, dan BPKP Provinsi Sumut.

Untuk 13 bidang PB PON Sumut diharapkan secara rutin menggelar rapat setiap pekan. Tujuannya mengidentifikasikan permasalahan agar bisa diambil langkah cepat dalam penyelesaiannya

“Segera diselesaikan, mengingat waktu persiapan penyelenggaraan pelaksanaan PON tinggal 56 hari lagi,” tutur Menpora.

Kemudian untuk konsep upacara penutupan PON, agar selalu dikoordinasikan dengan Kemenpora serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Untuk kesiapan sumber daya manusia (SDM) perangkat pertandingan, Menpora  meminta segera dilakukan bimbingan teknis (Bimtek) khususnya untuk technical delegate, wasit, juri, dan petugas lapangan di setiap cabang olahraga yang dipertandingkan di PON. Sekaligus untuk mengecek kesiapan venue.

Menpora berharap arahan itu harus ditindaklanjuti setelah pertemuan ini. Kemenpora, akan selalu standby untuk seluruh urusan persiapan PON. 

“Kembali lagi kami ingatkan, mari kita menjaga bersama PON ini agar sukses secara prestasi, sukses juga penyelenggaraan. Dan, terakhir yang paling penting adalah sukses secara administrasi,” tegas Menpora.

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) PB PON XXI wilayah Sumut yang juga Penjabat (Pj) Gubernur Sumut Agus Fatoni mengatakan, rakor ini digelar untuk merapatkan barisan, koordinasi serta konsolidasi meliputi persiapan penyelenggaraan dan venue. 

Sehingga PON nantinya bisa berjalan sukses seperti yang diharapkan.

“Kita perlu mendengar kondisi yang sudah dicapai sejak awal persiapan penyelenggaraan PON. Sehingga apa saja yang diperlukan bisa dikoordinasikan dan dikonsolidasikan bersama-sama,” kata Fatoni.

Apalagi, sambungnya, dalam persiapan PON ini SK PB PON telah diperbarui dengan komposisi yang lebih kuat, melibatkan banyak pihak termasuk unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda). 

“Dengan kekuatan baru ini mudah-mudahan PB PON Sumut bisa berlari lebih kencang lagi,” harap Fatoni.

Adapun rakor ini dihadiri jajaran PB PON XXI wilayah Sumut berikut Forkopimda dan para kepala daerah di Sumut. Turut hadir secara virtual Deputi 4 Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora RI Surono. * (wulandari)