Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Dikelola Sangat Baik, Budidaya Udang di Kebumen Jadi Percontohan Pola Modern

Tim Kunspek Komisi IV DPR RI saat melakukan kunjungan kerja spesifik ke tempat budidaya udang di Kebumen, Jawa Tengah, Selasa (2/7/2024). foto: ist

SuaraTani.com - Kebumen| Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja spesifik (Kunsfik) ke tempat budidaya udang yang dikelola oleh Badan Layanan Umum KKP di Kebumen, Jawa Tengah, Selasa (2/7/2024). 

Ketua Tim Kunsfik sekaligus Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Budhy Setiawan, mengatakan pengelolaan tempat budidaya udang di Kebumen menunjukkan tingkat profesionalisme yang tinggi dan sangat baik.

"Kita mengunjungi tempat budidaya udang yang dimiliki dan dikelola oleh Badan Layanan Umum KKP ini memang sudah cukup baik. Kelihatan pengelolaannya betul-betul profesional. Kita harapkan dari percontohan yang dilakukan oleh Badan Layanan Umum KKP ini nanti bisa bertambah," ujar Budhy dalam keterangan resminya, dikutip Rabu (3/7/2024). 

Politisi Fraksi Golkar ini menyoroti kondisi budidaya udang tradisional di sepanjang garis pantai Selatan Jawa yang masih menggunakan metode tradisional. 

"Budidaya udang dengan cara tradisional ini rentan terhadap masalah kebersihan air dan penyakit,. Sehingga produknya cenderung memiliki kualitas yang rendah," tambahnya.

Legislator Dapi Jabar III ini menegaskan pentingnya pengembangan pola budidaya yang lebih modern untuk meningkatkan produksi dan mengurangi kemiskinan di kawasan pesisir. 

"Kawasan pesisir dan pantai seringkali menjadi daerah dengan garis kemiskinan yang tinggi. Dengan mengadopsi pola budidaya seperti yang dilakukan oleh KKP, diharapkan para petani tambak udang dapat meningkatkan produksi dan memperbaiki kondisi ekonomi mereka," paparnya.

Komisi IV DPR RI berkomitmen untuk mendukung upaya-upaya percontohan yang dilakukan oleh Badan Layanan Umum KKP ini. Serta mengupayakan pengembangan lebih lanjut dalam sektor budidaya udang untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia. * (putri)