Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Dihadiri Pj Bupati Langkat, Warga Desa Sambirejo Gelar Suroan

Pj Bupati Langkat HM Faisal Hasrimy menghadiri kegiatan bersih desa (Suroan) di Desa Sambirejo, Kecamatan Binjai, Minggu (28/7/2024). foto: ist

SuaraTani.com - Binjai| Menyambut Tahun Baru Islam/1Muharam 1446 H/2024 M, warga Desa Sambirejo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menggelar kegiatan Bersih Desa (Suroan). 

Kegiatan tersebut dihadiri Pj Bupati Langkat HM Faisal Hasrimy di Gedung Serbaguna Desa Sambirejo, Kecamatan Binjai, Minggu (28/7/2024). 

Kedatangan Pj Bupati Langkat beserta rombongan disambut meriah oleh masyarakat Desa Sambirejo. Acara dimulai dengan kesenian tradisional Jawa, jarang kepang.

Yang ditandai dengan pemakaian blangkon oleh tokoh masyarakat setempat Tugiman ST kepada Pj. Bupati Langkat sebagai tanda penghormatan khas masyarakat Jawa.

 "Saya merasa berbahagia dan berbesar hati dapat berada di tengah-tengah bapak/ibu masyarakat Desa Sambirejo yang sangat luar biasa menjunjung tinggi nilai-nilai budaya. Dalam hal ini adat budaya Jawa sebagai cerminan kesyukuran kepada Yang Maha Kuasa atas nikmat menghidupkan bagi seluruh masyarakat Desa Sambirejo ini," kata Pj Bupati Faisal Hasrimy. 

Dia  juga mengapresiasi kuatnya rasa kebersamaan, semangat gotong royong, dan keguyuban warga desa. Ia berharap kegiatan ini bisa menjadi kebiasaan baik yang diagendakan setiap tahunnya.

 "Doa kita bersama melalui kegiatan Bersih Desa dan Suroan ini yang merupakan bagian dari pelestarian nilai budaya. Kiranya Allah Subhanahu Wa Ta'ala selalu memberikan hikmah terbaik. Semangat kebersamaan dalam bingkai memperkuat silaturahmi untuk kebaikan daerah, khususnya Kabupaten Langkat," tambahnya.

Sementara, Kepala Desa Sambirejo Jefri Wahyudi mengatakan, kegiatan Bersih Desa dan kenduri Suroan sebagai ucapan rasa syukur masyarakat Desa Sambirejo sekaligus memberi santunan kepada 136 anak yatim se-Desa Sambirejo. 

Selain itu juga digelar kuda kepang, dan malam harinya akan ada pagelaran wayang kulit.

 "Terimakasih kepada Pj Bupati Langkat atas kehadirannya di tengah kesibukan yang padat. Begitu cintanya kepada rakyatnya, Bapak Pj Bupati hadir pada acara Bersih Desa (Suroan) sekaligus dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam/1Muharam 1446 H/2024 M di desa kami ini. Insyaallah kegiatan ini dapat kami agendakan setiap tahunnya bersama masyarakat," ujar Jefri Wahyudi. * ( bram)