Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

BPKH Bersama BMM Serah Terima Bantuan Renovasi Masjid Raya Padusunan

BPKH bersama BMM menyerahkan secara simbolis bantuan program kemaslahatan berupa renovasi Masjid Raya Padusunan. foto: ist

SuaraTani.com - Padang Pariaman| Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) bersama mitra kemaslahatan Baitulmaal Muamalat (BMM) menyerahkan secara simbolis bantuan program kemaslahatan berupa renovasi masjid.

Bantuan yang diserahkan, Jumat (26/7/2024) ditujukan untuk renovasi Masjid Raya Padusunan yang terletak di Desa Kampung Gadang, Kecamatan Pariaman Timur, Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar).

Dan, Program Rehabilitasi Surau Pondok Ketek di Jalan Syekh Burhanudin, Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar.

Masjid Raya Padusunan merupakan cagar budaya yang telah didirikan sejak tahun 1829. Sebelumnya, Masjid Raya Padusunan pernah melakukan renovasi besar pada tahun 1980. 

Pada tahun 2024, Masjid Raya Padusunan akan dilakukan renovasi kembali untuk memperbaiki beberapa bagian bangunan yang sudah rusak.

Sementara itu, untuk Surau Pondok Ketek merupakan tempat penyimpanan peninggalan bersejarah Syeikh Burhanuddin yang sudah tidak lagi menampung jamaah khususnya pada bulan Safar. Karena adanya beberapa bagian masjid yang mengalami kerusakan.

Kepala Badan Pelaksana BPKH, Fadlul Imansyah dalam sambutannya mengatakan, agar kedua Masjid tersebut dijaga, dirawat, dan dimakmurkan oleh semua pihak. 

"Sehingga tidak hanya menjadi tanggungjawab pengurus masjid saja tapi juga seluruh pihak baik masyarakat maupun pemerintah agar Masjid dapat berfungsi secara optimal," kata Fadhul dalam siaran pers BMM yang diterima, Selasa (30/7/2024). 

Hal senada juga disampaikan Fitri Nora selaku tokoh masyarakat Padusunan yang juga menjabat sebagai anggota DPRD Pariaman.

“Pada hari Jumat berkah ini, mudah-mudahan bantuan dari BPKH ini dapat memberikan keberkahan untuk umat serta dapat dijaga dan dimakmurkan oleh masyarakat Padusunan,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama Sekda Kota Pariaman, Yota Balad berharap kehadiran Masjid bisa menjadi jembatan untuk memutus rantai kebodohan dan menumbuhkan tingkat religiusitas masyarakat. 

Ia juga berharap, Padusunan bisa menjadi daerah wisata religi dan menjadi pusat sejarah kebudayaan Islam.

Zainal Arifin yang mewakili penerima manfaat menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPKH atas bantuan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat di Padusunan dan juga Sandi Ulakan.

“Semoga BPKH dan seluruh pihak yang turut membantu renovasi Masjid Raya Padusunan dan Surau Pondok Kretek mendapat balasan dari Allah dan semakin maju.” ujar Zainal. * (junita sianturi/ril)