Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

15 Tahun Beroperasi, Ini Langkah Strategi ICDX Group untuk Keberlanjutan

Direktur Utama ICDX, Fajar Wibhiyadi memotong tumpeng di HUT ke-15 ICDX tahun 2024. foto: ist

SuaraTani.com - Jakarta| Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) atau Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI), pada tahun 2024 ini tepat 15 tahun beroperasi. 

Dalam ulang tahun ke-15, ICDX Group mengambil tema sentral tentang keberlanjutan atau sustainability. 

Sejak mulai beroperasi, ICDX Group telah menghadirkan ekosistem Perdagangan Berjangka dan Komoditi (PBK).

Terdiri atas Bursa ICDX, Lembaga Kliring Penjaminan dan Penyelesaian Transaksi di Indonesia Clearing House (ICH). Kemudian pada tahun 2016 menghadirkan ICDX Logistik Berikat (ILB).

“Perjalanan 15 tahun bagi ICDX Group menjadi pengalaman sekaligus modal bagi kami untuk terus berkontribusi kepada masyarakat. Menjadi tantangan bagi ICDX Group untuk ke depan bisa terus berkiprah lebih luas," kata Direktur Utama ICDX, Fajar Wibhiyadi dalam siaran persnya yang diterima, Selasa (2/7/2024) di Jakarta.

Menurut Fajar beberapa langkah strategis akan dijalankan dalam kerangka sustainable action, yang mencerminkan semangat keberlanjutan ICDX Group. 

Langkah-langkah tersebut meliputi building a better industry, a better community, a better world. 

"Harapan kami, adanya upaya berkelanjutan ini, ICDX Group dapat memberikan kontribusi positif bagi industri perdagangan berjangka komoditi, masyarakat. Serta lebih luas lagi yaitu berkontribusi kepada dunia," jelas Fajar.

Dalam hal “better industry” lanjut Fajar, yaitu membangun dan mengembangkan industri perdagangan berjangka komoditi. Berbagai langkah telah dan akan dijalankan ICDX Group ke depan. 

Berbagai upaya tersebut adalah memaksimalkan penyerapan produk derivatif sebagai sarana lindung nilai, spekulasi dan inklusi keuangan.

Kemudian, pemanfaatan komoditi syariah sebagai pondasi peningkatan industri syariah Indonesia untuk perbankan syariah. Serta melakukan inovasi sistem transaksi komoditas dengan melakukan personalisasi pasar dan alur yang efisien.

Sebagai bagian dari ekosistem perdagangan berjangka komoditi, upaya untuk “better community” yang telah dan akan dijalankan ICDX Group adalah program-program yang memiliki dampak langsung kepada masyarakat. 

Beberapa program Corporate Social Responsibility akan dijalankan, sebagai bentuk tanggung jawab sosial ICDX Group kepada masyarakat. 

"Melalui ICDX Academy, ICDX Group juga akan terus melakukan peningkatan literasi tentang industri Perdagangan Berjangka Komoditi kepada masyarakat agar terinformasi dengan baik dan benar," jelas Fajar Wibhiyadi.

Terkait “better world”, Fajar mengatakan, ICDX Group telah mengimplementasikan Go Carbon Neutral sejak 2022 dengan menanam 1 juta pohon mangrove. 

"Baru-baru ini, ICDX Group juga meluncurkan Carbon Calculator sebagai platform perhitungan emisi untuk pemangku kepentingan industri," ujarnya.

Selain itu, semangat untuk mencapai “green metal” melalui Clean Metal Initiatives, juga disampaikan untuk mencapai tujuan dekarbonisasi industri.

Dan, mempromosikan produk bebas karbon sebagai langkah menuju masa depan yang lebih bersih dan berkelanjutan.

Sebagai catatan, dalam 3 tahun terakhir ICDX Group menunjukkan pertumbuhan positif dalam volume transaksi.  Di tahun 2021, total volume transaksi di ICDX Group mencapai 9.890.507 lot.

Dengan komposisi 1.264.028 lot transaksi multilateral dan 8.626.479 lot transaksi Sistem Perdagangan Alternatif. 

Untuk tahun 2022, total volume transaksi mencapai 10.162.658 lot dengan komposisi 1.877.512 lot transaksi multilateral dan 8.258.146 lot transaksi Sistem Perdagangan Alternatif. 

Tahun 2023, total volume transaksi mencapai 12.429.818 lot dengan komposisi 3.145.592 lot transaksi multilateral dan 9.284.226 lot transaksi Sistem Perdagangan Alternatif. 

Sedangkan di tahun 2024, ICDX Group, lanjut Fajar Wibhiyadi memproyeksikan total volume transaksi mencapai 14.298.169 lot. Dengan komposisi 3.798.169 lot transaksi multilateral dan 10.500.000 lot transaksi Sistem Perdagangan Alternatif. * (junita sianturi)