Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni Bertemu Menpora Bahas Kesiapan PON

Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni melakukan audiensi dengan Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo guna membahas kesiapan pelaksanaan PON XXI di Sumut, di Jakarta, Senin (24/6/2024). foto: ist

SuaraTani.com - Jakarta| Usai dilantik Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Pj Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni melakukan audiensi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo.

Pertemuan yang berlangsung di Jalan Denpasar Raya, Kuningan, Jakarta, Senin (24/6/2024) itu, untuk membahas kesiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Sumut. 

Dalam pertemuan itu, Menpora menyampaikan bahwa Fatoni telah terlibat sejak awal dalam kesiapan pelaksanaan PON XXI Sumut-Aceh. 

Terlebih Fatoni juga menjabat sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kemendagri yang bersama-sama mencari solusi permasalahan penyelenggaraan PON.

“Pak Fatoni sejak awal sudah ikut terlibat dalam pembahasan kesiapan PON di Sumut dan Aceh, khususnya terkait penganggaran,” kata Menpora.

Sementara itu, Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni menyampaikan pada prinsipnya persiapan pelaksanaan PON XXI Sumut-Aceh sudah baik. Namun masih diperlukan percepatan dikarenakan masih ada beberapa venue cabang olahraga (cabor) yang perlu dipindahkan.

“Pada prinsipnya kesiapan PON di Sumut sudah berproses hanya perlu percepatan dan ada venue yang perlu dipindahkan karena belum siap digunakan,” ucap Fatoni.

Karena itu, pada Kamis (27/6/2024) mendatang, Fatoni akan mengadakan dan memimpin langsung rapat bersama PB PON Sumut juga Kemenpora guna memberikan arahan sekaligus membahas persiapan pelaksanaan PON XXI Sumut-Aceh.

Sebagaimana diketahui, Mendagri Muhammad Tito Karnavian baru saja melantik Agus Fatoni sebagai Pj Gubernur Sumut menggantikan Hassanudin, Senin (24/6/2024) sore. 

Agus Fatoni berpengalaman menjadi kepala daerah di dua wilayah, yaitu Provinsi Sulawesi Utara dan Sumatera Selatan.

Selain pernah menjadi kepala daerah, Agus Fatoni juga menjabat sebagai Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri definitif. 

Secara terpisah, Mendagri percaya bahwa Agus Fatoni mampu mempercepat persiapan pelaksanaan PON XXI di Sumut pada September mendatang.

“Pak Fatoni ini adalah Dirjen Keuda di Kemendagri dan ini sudah pernah dua kali jadi Pj itu di Sulawesi Utara dan Sumatera Selatan,” kata Mendgagri usai pelantikan Pj Gubernur di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kantor Kemendagri, Senin (24/6/2024).

Sehingga kemampuan lapangan ini kata Mendagri, dipahamiya. Begitu juga dengan kemampuan administrasi keuangan juga mengerti. 

"Sehingga bisa dengan cepat menyelesaikan masalah masalah yang berkaitan dengan keuangan untuk persiapan PON,” tutupnya. * (junita sianturi)