Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Lampu Tenaga Surya Terangi Jalan dan Rumah Ibadah di Sibolangit

Sekretaris Direktorat Jenderal EBTKE Sahid Junaidi dalam sambutannya saat serahterima Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) kepada Pemerintah Kabupaten Deliserdang. foto: ist

SuaraTani.com - Deliserdang| Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali menyerahterimakan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) kepada Pemerintah Kabupaten Deliserdang.

PJU-TS diserahkan untuk penerangan Komplek Gereja Batak Karo Protestan (GBKP), Sibolangit, Sumatera Utara (Sumut), Jumat (28/6/2024).

Sekretaris Direktorat Jenderal EBTKE Sahid Junaidi mengatakan, PJU-TS merupakan salah satu langkah pemerintah  dalam pengurangan emisi gas rumah kaca.

Dengan adanya pemasangan PJU-TS ini, pemerintah daerah juga dapat menghemat pengeluaran daerah untuk penerangan jalan.

"Secara keseluruhan, hingga tahun 2023, PJU-TS yang telah terbangun sebanyak 23.056 unit atau setara dengan menerangi jalan sepanjang 1.152 km. PJU-TS ini tersebar di 31 provinsi di wilayah Indonesia", ujar Sahid.

Sahid berharap, seluruh masyarakat dan perangkat desa agar PJU-TS yang telah dipasang dijaga dan dirawat untuk memberikan manfaat jangka panjang dalam membantu keamanan dan pengembangan ekonomi di sekitar.

Program PJU-TS dapat terlaksana berkat kolaborasi antara pemerintah dan lembaga legislatif. Dalam hal ini adalah DPR RI Komisi VII. 

Dengan program ini, diharapkan akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, khususnya ketika beraktivitas di malam hari.

Anggota Komisi VII DPR RI Hendrik Halomoan Sitompul mengapresiasi upaya Kementerian ESDM yang telah merealisasikan kebutuhan masyarakat.

Khususnya dalam mendukung aktivitas di malam hari di sekitar Komplek GBKP, Kecamatan Sibolangit, Deliserdang.

"Pemasangan PJU-TS menjadi salah wujud hadirnya pemerintah di masyarakat. Pemasangan PJU-TS di area sekitar jalan umum dan tempat ibadah, semoga menjadi fasilitas yang bisa menunjang kegiatan Jemaah sekitar dan mendorong pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

Camat Kecamatan Sibolangit, Hesron T Girsang mengucapkan terima kasih atas pengisiasian PJU-TS di wilayah sekitar GBKPP oleh Kementerian ESDM. 

Ia berharap, kehadiran PJU-TS di wilayahnya bisa meminimalisir tidak kriminal, sebab sekarang saat malam wilayahnya sudah lebih terang.

Program pemasangan PJU-TS ini dilaksanakan sejak tahun anggaran 2015 hingga 2023. Total PJU-TS yang terpasang adalah 135.719 unit atau setara dengan menerangi jalan sepanjang 6.785 km. 

Program pemasangan PJU-TS merupakan perwujudan dari visi dan misi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia, khususnya misi poin ketiga, yaitu "Pembangunan yang Merata dan Berkeadilan". * (jasmin)