Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pemkab Langkat Jalin Kerja Sama dengan Karo dan Dairi Kendalikan Inflasi

Penandatanganan MoU KAD dilakukan oleh Pj Bupati Langkat HM  Faisal Hasrimy, Bupati  Karo Cory Sriwaty Sebayang dan Pj Bupati  Dairi, Surung Charles Bantjin. foto: ist

SuaraTani.com - Medan| Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat menjalin Kerjasama Antar Daerah (KAD) dengan Kabupaten Karo dan Kabupaten Dairi. 

KAD yang dilakukan di Ruang Rapat 1 Lantai 2 Kantor Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Medan, Senin (13/5/2024) dilakukan sebagai upaya pengendalian inflasi daerah.

Disaksikan langsung oleh Pj Gubernur Sumut Hassanudin kerja sama ditandai dengan penandatanganan MoU. Yang dilakukan oleh Pj Bupati Langkat HM  Faisal Hasrimy, Bupati  Karo Cory Sriwaty Sebayang dan Pj Bupati  Dairi, Surung Charles Bantjin.

Penandatanganan MoU juga dilakukan antar para pedagang komoditi bahan pangan dan para OPD terkait  

Pj Bupati Langkat mengatakan, perjanjian kerja sama antar daerah ini untuk pengendalian inflasi daerah untuk pemenuhan kebutuhan pangan 9 bahan pokok.

Melalui kerja sama yang erat antar pemerintah daerah dengan masing-masing komoditasnya. Yakni, Kabupaten Langkat dengan komoditas telur, Kabupaten Karo komoditas ikan, dan  Kabupaten Dairi untuk komoditas cabe merah dan bawang merah. 

Faisal Hasrimy berkomitmen melakukan inovasi dan aksi nyata di dalam mengendalikan inflasi di wilayah masing-masing. 

 "Alhamdulillah hari ini kami bersama Kabupaten Karo dan  Dairi melakukan kerja sama antar daerah. Bukan hanya sekadar kerja sama antar kabupaten tapi sudah antar pedagang yang kami pertemukan. Ini bisa saling menguntungkan kedua belah pihak," katanya.

Semua menyadari bahwa inflasi tidak mengenal batas wilayah upaya pengendalian inflasi di suatu daerah dapat terkendala jika di daerah lain tidak dilakukan dengan baik.

"Karenanya kolaborasi antar pemerintah daerah merupakan kunci untuk mencapai keberhasilan dalam mengatasi masalah inflasi," tambahnya. 

Sementara, Pj Gubsu Hasanuddin menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kabupaten Langkat, Kabupaten Karo dan Dairi atas dilaksanakan penandatanganan MoU KAD dalam mengendalikan inflasi daerah.

 "Ini hal yang membanggakan, sebuah pilot project yang harus dicontoh oleh pemerintah kabupaten/ kota yang lainnya. Karena pengendalian inflasi daerah harus ada kolaborasi dan dukungan dengan semua pihak. Baik para pedagang, akademisi dan lainnya agar pengendalian inflasi daerah bisa berjalan dengan baik dan tercapai," ucap Pj Gubernur Sumut. * (junita sianturi)