Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Meski Menurun, Harga Pangan Masih Tinggi

Kunjungan Kerja Spesifik Komisi 4 DPR RI di di Pasar Modern BSD City Tangerang, Kamis (7/3/2024). suaratani-ist

SuaraTani.com - Tangerang| Badan Pangan Nasional (Bapanas) melakukan pemantauan perkembangan harga komoditas pangan strategis di daerah. 

Adanya fluktuasi harga di pasar lazim terjadi dikarenakan permintaan masyarakat yang meningkat terutama menjelang Ramadan dan Idul Fitri 1445 H. 

“Hari ini kami bersama Komisi 4 DPR RI melakukan pemantauan harga bahan pangan sekaligus memastikan ketersediaannya. Sehingga masyarakat tenang, apalagi sebentar lagi akan memasuki bulan puasa” jelas Deputi Bidang Kerawananan Pangan dan Gizi Bapanas Nyoto Suwignyo.

Ia mendampingi Kunjungan Kerja Spesifik Komisi 4 DPR RI di di Pasar Modern BSD City Tangerang, Kamis (7/3/2024).

Nyoto juga menegaskan, Bapanas terus memasifkan pelaksanakaan Gerakan Pangan Murah (GPM) diseluruh daerah. 

“GPM juga terus kita genjot bersama pemerintah daerah agar semakin maksimal. Per 6 Maret, total telah mencapai 189 GPM. 2 dilaksanakan oleh pemerintah pusat serta lainnya tersebar di 31 provinsi  (34 kali) dan 147 kabupaten/kota (153 kali)” jelasnya.

Hal tersebut sesuai dengan arahan Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi yang meminta semua pemerintah daerah intensifkan operasi pasar murah melalui Gerakan Pangan Murah (GPM).

Dan, melakukan pemantauan rutin ke semua jenis pasar. Sehingga saat Lebaran nanti, harganya sangat baik.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi 4 DPR RI Anggia Erma Rini meminta pemerintah mencukupi ketersediaan bahan pangan terutama beras. 

"Saya minta untuk dipastikan ketersediaan tercukupi hinggal lebaran nanti, karena pasti kebutuhan akan meningkat" ucap Anggia.

Kunjungan ke pasar ini kata dia, untuk melihat ketersediaan bahan pangan terutama menjelang Ramadan. Karena biasanya menjelang Ramadan harga naik kemudian pasokan juga tidak lancar. 

"Kita lihat tadi memang ada kenaikan harga. Yang menjadi catatan adalah keluhan pedagang ayam bahwa komoditas ayam itu pasokannya sangat kurang," tambah Anggia.

Berdasarkan hasil kunjungan kerja di Pasar Modern BSD City terpantau sejumlah bahan pangan mengalami penurunan.

Seperti cabai merah rawit dan cabai merah kriting dari Rp120.000/kg menjadi Rp100.000/kg. Bawang merah Rp43.000-45.000/kg, bawang putih Rp45.000/kg, telur ayam Rp31.000-32.000/kg.

Kemudian, daging ayam Rp38.000-45.000/kg dan daging sapi Rp. 150.000-170.000/kg. Sedangkan harga beras SPHP Rp57.500/5 kg.

Turut hadir pada Kunjungan Kerja Komisi IV DPR RI tersebut Direktur Pengawasan Kerawanan Pangan Bapanas Sri Nuryanti.

Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Suwandi, Direktur Supply Chain Perum Bulog Mokhamad Suyamto.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten Aan Muawanah, Sekretaris Daerah Kota Tangsel Bambang Noertjahyo.

Serta Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perternakan (DKP3) Kota Tanggerang Selatan Yepi Suherman. * (putri)