Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Komisi IV Cek Harga dan Stok Bahan Pangan di Pasar Induk Cikopo, Bagaimana Hasilnya?

Komisi IV DPR RI melakukan cek harga dan stok kebutuhan bahan pangan pokok ke Pasar Induk Modern Cikopo, Kabupaten Purwokarta. suaratani-ist

SuaraTani.com - Purwakarta| Pemerintah memastikan stabilitas pasokan dan harga pangan pada Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN) Ramadan dan Idulfitri.

Hal ini dilakukan melalui pengecekan stok dan harga di berbagai kota. Pengecekan dilakukan secara daring maupun dengan turun langsung ke sejumlah titik pasar. 

"Bapanas secara  persisten melakukan pemantauan harian perkembangan harga dan stok pangan di seluruh provinsi di Indonesia. Baik pasar tradisional maupun modern," kata Direktur Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) Bapanas Maino Dwi Hartono dalam keterangannya dikutip, Sabtu (9/3/2024). 

Sebelumnya, Maino mendampingi kunjungan kerja Komisi IV DPR RI ke Pasar Induk Modern Cikopo, Kabupaten Purwokarta, Kamis, (7/3/2024), .

"Kita mendampingi Komisi IV DPR RI melakukan pemantauan harga pangan di Kabupaten Purwakarta, dengan mengunjungi Pasar Induk Modern Cikopo. Secara umum stok bahan pangan pokok aman. Dengan harga yang relatif stabil atau tidak terpaut jauh dari Harga Acuan Pembelian/Penjualan (HAP) yang telah ditetapkan Bapanas," ujarnya.

Berdasarkan hasil pemantauan, harga beras SPHP Rp10.900 per kilogram (kg), beras medium lokal Rp13.500 per kg atau Rp 11.700 per liter.

Bawang putih Rp34.000 per kg, bawang merah brebes antara Rp20.000-Rp25.000 per kg, kentang Rp14.000 per kg.

Cabai rawit hijau Rp30.000 per kg, cabai rawit merah Rp35.000 per kg, cabai merah keriting Rp55.000 per kg. Dan, cabai merah besar antara Rp45.000-Rp48.000/kg.

Anggota Komisi IV DPR RI Budhy Setiawan menuturkan dari sejumlah komoditas tersebut secara umum kondisi pasokan dan harga pangan menjelang HBKN Ramadhan aman. 

Meskipun ada beberapa komoditas yang mengalami sedikit kenaikan harga seperti bawang putih dan cabai merah keriting.

Di Cikopo kata Maino, yang ditinjau adalah harga sayur-mayur, khususnya kentang, cabai, bawang putih, bawang merah.

"Memang ada yang stabil, ada juga beberapa yang turun dan ada beberapa yang naik. Ini memang diperkirakan menurut pedagang-pedagang di pasar sembako mendekati Lebaran. Tetapi itu kenaikan yang wajar," tuturnya. 

"Nah suplai tadi kita sudah pantau juga ternyata suplai juga rutin di sini, sehingga tidak ada gangguan persoalan di pasar induk,” sambungnya.

Kunjungan kerja tersebut antara lain diikuti oleh segenap anggota Komisi IV DPR RI, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan, Nasrullah. * (wulandari)