Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tak Mampu Bertahan, IHSG Ditutup Melemah

Grafik pergerakan IHSG. Pada perdagangan hari ini, IHSG ditutup melemah.suaratani.com-ist

SuaraTani.com - Medan| Kinerja indeks harga saham gabungan (IHSG) memburuk dan diperdagangkan dalam rentang harga yang sangat tajam pada perdagangan hari ini. 

IHSG yang sempat menguat di atas 7.300 di sesi perdagangan pagi, berbalik arah dan langsung menukik tajam dan sempat menyentuh 7.197.83. 

Sisanya IHSG bergerak di zona merah hingga akhirnya diutup turun 1.2% di level 7.209,74.

Analis keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, mengatakan, IHSG bergerak cukup liar sekalipun bursa di Asia mayoritas mampu diperdagangkan di zona hijau. 

Seperti yang dikhawatirkan sedari awal, pemilihan suara yang akan dilakukan besok memicu terjadinya fluktuasi yang sangat tajam pada kinerja IHSG. 

“Dan tekanan lanjutan bisa saja terjadi setelah pemilihan berlangsung nantinya, terlebih jika hasil quick count tidak sesuai dengan harapan pelaku pasar,” ujar Gunawan Benjamin di Medan, Selasa (13/2/2024).

Sementara itu, kinerja mata uang rupiah juga berbalik melemah setelah sempat menguat di sesi pembukaan perdagangan. Bahkan rupiah sempat melemah hingga di kisaran level 15.630 per dolar AS.

Namun mata uang rupiah kembali berada di zona hijau dan ditutup menguat di level 15.590 per dolar AS. 

Pada hari ini ada rilis data indeks keprcayaan konsumen yang naik menjadi 125 dari 123.8. Sementara data penjualan mobil di bulan Januari secara tahunan melanjutkan pertumbuhan -26.1%. 

“Di sisi lainnya, kinerja harga emas di perdagangkan menguat di level US$2.026 per ons troy nya, yang didorong  pelemahann kinerja dolar AS terhadap sjeumlah mata uang di Asia,” pungkasnya. *(ika)