Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Rekapitalisasi Suara Tidak Ganggu Kinerja Pasar, IHSG Menguat

Grafik pergerakan IHSG. Pada perdagangan hari ini, IHSG mampu bertahan menguat dengan ditutup menguat.suaratani.com-ist

SuaraTani.com - Medan| Indeks harga saham gabungan (IHSG) mempertahankan kinerja positif dengan ditutup menguat 0,77% di level 7.352,60.

Penguatan IHSG ini sejalan dengan mayoritas bursa di Asia yang ditransaksikan menguat pada perdagangan hari ini.

Analisa keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, mengatakan, selama sesi perdagangan berlangsung, kinerja IHSG mampu bertahan di teritori positif.

"Sejumlah bursa di Eropa yang dibuka mayoritas bergerak sideways dengan kecenderungan melemah, belum akan jadi sentimen negatif bagi kinerja IHSG untuk perdagangan besok," ujar Gunawan di Medan, Selasa (20/2/2024).

Namun, mata uang rupiah pada perdagangan hari ini disebutkan Gunawan masih belum mampu bangkit dan ditutup turun di level 15.655 per dolar AS.

Rupiah mengalami tekanan seiring dengan meningkatnya imbal hasil US Treasury, yang turut dibarengi dengan ekspektasi pasar terkait kemungkinan sikap hawkish The FED jelang FOMC minutes pada hari Kamis mendatang.

Berbeda dengan rupiah, harga emas yang sempat ditransaksikan di bawah level US$2.020 per ons troy pada sesi perdagangan pagi berbalik arah dan ditransaksikan menguat di level US$2.023 per ons troy pada sesi perdagangan sore.

"Walaupun dibayangi tekanan selama sesi perdagangan berlangsung, kinerja harga emas yang menguat didorong oleh sisi teknikal, setelah terjadi koreksi pada harga emas sebelumnya," sebutnya.

Secara keseluruhan, pelaku pasar tidak begitu direpotkan dengan rekapitulasi suara KPU dalam hamper sepekan terakhir.

Pasar tidak melihat adanya gejolak yang besar yang diakibatkan dari proses perhitungan suara oleh KPU.

Dan pelaku pasar sudah fokus kepada faktor fundamental seperti agenda ekonomi yang tersaji setiap harinya. *(ika)