Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

KPU Langkat Gelar Simulasi Pemilu

Simulasi Pemilu yang digelar KPU Langkat, Rabu (31/1/2024) di Kantor KPU Langkat di Stabat diikuti 250 peserta.suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Langkat| Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Langkat menggelar Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara dalam Pemilihan Umum Tahun 2024, Rabu (31/1/2024). 

Simulasi  yang digelar di bertempat di Kantor KPU Kabupaten Langkat di Stabat diikuti 250 orang, terdiri  dari PPK se Kabupaten Langkat, parpol, pers, penggiat demokrasi, Bawaslu, kelompok disabilitas dan umum. 

Simulasi meliputi penghitungan suara, pengisian formulir hasil perhitungan suara dan penggunaan aplikasi Sirekap.

Plt. Bupati Langkat, Syah Afandin diwakili Staff Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Rudi Kinandung,  menyampaikan pentingnya simulasi pemilu 2024 untuk memberikan  gambaran utuh situasi sebenarnya.

Sebagai bentuk antisipasi segala permasalahan yang akan terjadi, serta memastikan kesiapan dan sosialisasi agar pada hari H  semua  lebih paham dalam melaksanakan tugas. 

"Proses demokrasi akan berjalan lancar apabila penyelenggara pemilu menjalankan berbagai upaya, salah satunya simulasi pemilu" ucapnya. 

Plt Bupati berharap   pemilu yang diselenggarakan 14 Februari 2024 dapat berjalan dengan lancar dan sukses sehingga hasilnya dapat diterima dan dipercaya oleh masyarakat. 

Ketua KPU Kab. Langkat, Sofian Sitepu, mengatakan simulasi sudah dilakukan beberapa kali di  3 zona di Langkat yaitu Langkat Hulu, Langkat Hilir dan Teluk Aru. 

"Tujuannya untuk memastikan tahapan di TPS dapat dipahami,  terutama untuk petugas pemilu dan pihak yang berkepentingan terhadap pemilu," kata Sofyan Sitepu. 

Dia juga menjelaskan  persiapan  yang sudah dilakukan KPU Kabupaten Langkat menjelang Pemilu 2024. Yaitu persiapan logistik surat suara dan perlengkapan TPS di tingkat Kabupaten, pelantikan petugas pemilu, bimtek petugas pemilu dan simulasi pemilu 2024. *(ika)