Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kompak Melemah, IHSG dan Rupiah Dibuka Melemah

Grafik pergerakan IHSG.Pada perdagangan hari ini, IHSG Bergerak melemah dan dibuka di zona merah.suaratani.com-ist

 SuaraTani.com - Medan| Indeks harga saham gabungan (IHSG) mengawali perdagangan hari ini dengan dibuka melemah. IHSG ditransaksikan melemah tipis di kisaran level 7.326.

Hal ini menurut Analis keuangan Sumatera Utara (Sumut), sejalan dengan mayoritas bursa saham di Asia yang ditransaksikan di zona merah menyusul bursa di AS yang juga ditutup melemah pada pedagangan sebelumnya.

"Kinerja pasar saham di luar secara keseluruhan mengindikasikan adanya tekanan pada IHSG pada perdagangan hari ini," kata Gunawan di Medan, Kamis (29/2/2024).

Sementara itu, kinerja mata uang rupiah terpantau kembali mengalami pelemahan pada perdagangan pagi ini.

Rupiah dibuka stabil dikisaran level 15.680 per dolar AS, namun tidak berselang lama, mata uang rupiah melanjutkan pelemahan dan menyentuh 15.700 per dolar AS.

Kinerja pasar keuangan masih dibayangi sentimen negatif, setelah rilis data PDB AS Q4 untuk estimasi yang kedua (QoQ) realisasinya lebih lambat dari ekspektasi sebelumnya.

Di sisi lain kata Gunawan, pelaku pasar juga tengah menanti rilis data inflasi AS pada hari ini, serta menunggu data indeks manufaktur China di akhir pekan.

"2 agenda ekonomi besar tersebut akan menjadi penggerak pasar pada perdagangan akhir pekan ini, sehingga pelaku pasar akan lebih berhati-hati menjelang rilis data ekonomi penting tersebut," ucapnya.

Sementara itu, harga emas ditransaksikan menguat pada perdagangan pagi ini di kisaran level US$2.035 per ons troy nya.

Kinerja harga emas mengalami pemulihan, seiring dengan kembali melemahnya imbal hasil US Treasury pada sesi perdagangan waktu AS yang sempat melemah di kisaran level 4.27%. *(ika)