Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

IHSG, Rupiah dan Emas Kompak Melemah

Grafik pergerakan IHSG. Pada perdagangan hari ini, IHSG ditutup melemah.suaratani.com-ist

SuaraTani.com - Medan| Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup melemah 0.17% di level 7.316,11.

Kinerja IHSG bergerak seirama dengan mayoritas bursa di Asia yang juga turut diperdagangkan melemah.

Meski demikian, asing membukukan transaksi beli bersih Rp671 miliar di pasar saham tanah air.

"Kinerja IHSG bahkan sempat melemah di bawah level psikologis 7.300, walaupun tidak bertahan lama dan berbalik mengurangi koreksinya," ujar Analis keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, di Medan, Kamis (29/2/2024).

Sementara itu, kinerja mata uang rupiah juga ditutup melemah di level 15.710 per dolar AS setelah sempat menembus level 15.730 per dolar AS.

Kinerja Dolar AS menguat seiring dengan peningkatan imbal hasil US Treasury yang berbalik di teritori hijau selama sesi perdagangan di Asia.

Peningkatan imbal hasil US Treasury tersebut memebani kinerja mata uang rupiah selama sesi perdagangan.

Tekanan yang terjadi pada pasar keuangan di tanah air, menjadi indikasi kuat bahwa pelaku pasar masih bersikap wait and see jelang rilis data inflasi AS.

"Sejauh ini diproyeksikan kinerja inflasi AS bergerak melandai. Meski demikian, melemahnya inflasi di AS tersbeut belum bisa menggaransi kapan penurunan bunga acuan The FED akan dimulai," sebutnya.

Sementara itu, kinerja harga emas ditransaksikan sedikit melemah di level US$2.032 per ons troy nya.

Harga emas juga turut terkoreksi jelang rilis data inflasi AS. Meski demikian, penurunan laju tekanan inflasi nantinya akan lebih banyak memberikan dampak positif terhadap harga emas. *(ika)