Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Bapanas Siap Dorong Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Tahun 2024

 

Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Bapanas, Andriko Noto Susanto, saat memberikan sambutan dalam pertemuan koordinasi dengan dinas yang menangani urusan pangan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia di Bandung, Jumat (16/2/2024).suaratani.com-ist

SuaraTani.com - Jabar| Badan Pangan Nasional  (Bapanas) menggelar pertemuan koordinasi dengan dinas yang menangani urusan pangan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia  Jumat (16/2/2024).

Pertemuan yang digelar di Bandung itu sebagai upaya, komitmen dan langkah konkrit dalam mewujudkan ketahanan pangan melalui penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan.

Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Bapanas, Andriko Noto Susanto, dalam sambutannya, mengapresiasi kinerja dari seluruh pihak yang sudah berkontribusi atas capaian skor Pola Pangan Harapan (PPH ) yang baru saja di-launching.

PPH sebagai salah satu indikator kinerja NFA mengalami peningkatan dari 92,9 tahun 2022 menjadi 94,1 tahun 2023, dan sudah melewati target nasional yang ditetapkan oleh RPJMN, yaitu sebesar 94. 

"Selain capaian skor PPH, sesuai dengan tugas dan fungsi dari Kedeputian Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan yang juga dijabarkan menjadi tugas dan fungsi 3 direktorat, ada beberapa indikator pengukuran kinerja yang diampu. Untuk mencapai indikator kinerja tersebut, telah dirancang kegiatan yang dilaksanakan baik di pusat maupun di daerah," ujar Andriko.

Andriko memastikan pihaknya terus konsisten mendorong edukasi konsumsi pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) melalui berbagai gerakan.

Di sisi hilir, NFA juga mengedepankan aspek keamanan pangan, diantaranya melalui perumusan standar keamanan dan mutu pangan serta pengawasan keamanan pangan segar di peredaran.

Pada tahun 2023 NFA telah meluncurkan mobil laboratorium keliling pengawasan keamanan pangan yang dilengkapi dengan peralatan pengujian serta promosi keamanan dan mutu pangan segar.

"Dan di tahun 2024 ini juga akan diluncurkan beberapa unit mobil," tambah Andriko.

Pertemuan ini dihadiri seluruh direktorat di Kedeputian Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Bapanas, serta seluruh dinas provinsi dan kabupaten/kota yang menangani urusan pangan di Indonesia. *(putri)