Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tak Mampu Bertahan, IHSG Kembali Ditutup di Zona Merah

Seorang imvestor memperhatikan grafik pergerakan IHSG. Pada perdagangan hari ini, IHSG tak mampu bertahan di zona positif.suaratani.com-ika

SuaraTani.com – Medan| Indeks harga saham gabungan tak mampu mempertahankan kinerja positif untuk bertahan di zona hijau selama sesi perdagangan hingga jelang penutupan. 

IHSG akhirnya ditutup melemah tipis 0.1% di level 7.219,96, dimana asing membukukan transaksi jual bersih senilai Rp77 milyar. 

Kondisi ini menurut Analis keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin berbeda dengan sejumlah bursa di Asia yang justru mampu menguat signifikan seperti bursa Nikkei Jepang dan Hangseng Hongkong.

Melemahnya kinerja bursa saham di tanah air pada perdagangan hari ini, turut dibarengi dengan melemahnya data penjualan mobil di tanah air. 

Dimana penjualan mobil memburuk menjadi -19.1% secara tahunan (YoY), dibandingkan dengan penjualan November 2023 yang tumbuh -7.5% secara tahunan. 

“Data tersebut menjadi gambaran belanja masyarakat yang menurun, sekalipun pada dasarnya data penjualan mobil itu tidak begitu berpengaruh pada pasar keuangan,” kata Gunawan di Medan, Kamis (11/1/2024).

Berbeda dengan kinerja IHSG, mata uang rupiah mampu bertahan di teritori positif dengan ditutup menguat tipis di level 15.545 per dolar AS. 

Dan pada perdagangan hari ini, rupiah diuntungkan dengan melemahnya kinerja imbal hasil US Treasury 10 tahun yang berada di awah level 4%. 

Selain rupiah, mata uang dolar AS juga terpantau melemah terhadap sejumlah mata uang di Asia seperti terhadap yen Jepang maupun dolar Singapura.

Di sisi lainnya, harga emas bergerak sideways dengan kecenderungan menguat. 

Di sesi perdagangan sore ini harga emas ditransaksikan menguat dikisaran level US$2.031 per ons troy, sedikit lebih rendah dibandingkan dengan perdagangan pagi. 

Secara keseluruhan harga emas, mata uang rupiah dan IHSG yang cenderung bergerak sideways mengindikasikan bahwa pelaku pasar cenderung mengambil posisi wait and see sejauh ini. *(ika)