Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Syah Afandin: HUT ke 274 Kabupaten Langkat Jadi Motivasi untuk Maju

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin, memotong tumpeng perayaan Hari Jadi Kabupaten Langkat ke 274 yang digelar Rabu (17/1/2024) di Alun-alun Kota Stabat.suaratani.com-ist 

SuaraTani.com - Langkat| Puncak peringatan Hari Jadi ke - 274 Kabupaten Langkat yang digelar Rabu (17/1/2024), tetap berlangsung meriah dan dihadiri ribuan masyarakat meski diguyur hujan.

Di acara resepsi  yang digelar di Alun- alun Tengku Amir Hamzah Stabat, Plt Bupati Langkat,  Syah Afandin, hadir bersama Pj Gubernur Sumut, Hassanudin, para pejabat Pemprov Sumut, Pemkab Langkat, serta unsur Forkopimda Langkat dan tamu undangan lainnya.

Ribuan pelaku UMKM juga  turut ambil bagian memeriahkan hari jadi yang  mengambil tema 'Melangkah bersama mewujudkan Langkat sejahtera dan berbudaya'.

Resepsi diawali tarian persembahan etnis budaya dan pemotongan nasi tumpeng.

Syah Afandin pada sambutannya mengajak masyarakat Langkat untuk menjadikan HUT ke-247 sebagai motivasi untuk terus bergerak memajukan Langkat dengan tetap menjujung tinggi nilai luhur dan budaya yang sudah pada tatanannya sejak pendahulu. 

"Langkat yang penduduknya beragam suku, budaya serta agama harus jadi penguat antar satu dan lainnya," tegasnya. 

Ia juga ingin budaya Melayu dikedepankan, sebagai wujud terimakasih bahwa catatan sejarah menyatakan yang membangun dan mendirikan bumi Langkat  adalah Kerajaan Melayu pada masanya. 

Pj Gubernur, Hassanudin, menceritakan sejarah bahwa nama Langkat diambil dari sebatang pohon yaitu pohon langkat yang banyak tumbuh di sekitar sungai Langkat, yang diyakini kerajaan Sultan Langkat berdiri dekat dengan Sungai Langkat. 

"Kerajaan Langkat inilah yang mengembangkan Kabupaten Langkat sehingga menjadi besar dan hebat seperti sekarang ini," jelasnya. 

Pada acara resepsi diserahkan  hadiah paket umroh gratis  dari Plt Bupati Langkat,  Pj Gubernur Sumut,  dan anggota DPR RI Nasril Bahar, bekerja sama dengan PT Alsa Panca Perkasa dan DMDI Langkat.

Juga diserahkan  hadiah  kepada masyarakat  Langkat yang berprestasi, baik di tingkat Kabupaten maupun tingkat nasional.

Sebelumnya, Plt Bupati Langkat, Syah Afandin, menjadi pembina upacara Hari Jadi  di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat. 

Upacara  seyogyanya digelar di halaman kantor bupati terpaksa dilaksanakan di dalam ruangan karena hujan.

Pada apel tersebut, Plt Bupati menyerahkan  penghargaan kepada pemenang implementasi akuntabilitas kinerja pemerintah terbaik di lingkungan Pemkab Langkat.

Sebagai pemenang terbaik pertama diraih Setdakab Langkat, disusul pemenang terbaik  kedua dan ketiga yaitu Inspektorat dan Dinas Perkim Kabupaten Langkat.

Juga diserahkan  penghargaan kepada dinas  yang telah memberikan  memberikan pelayanan  terbaik kepada masyarakat.

Untuk terbaik  pertama diraih Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, terbaik kedua Dinas Sosial, terbaik ketiga Dinas PM2PTSP.

Untuk kategori Puskesmas terbaik pertama Puskesmas Securai, terbaik kedua Puskesmas Stabat, terbaik ketiga Puskesmas Tanjung Beringin.

Plt Bupati Langkat juga menyerahkan  hibah bantuan peralatan usaha kepala pelaku UMKM  berupa mesin penggiling abon, kursi pangkas dan steling. *(ika)