Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Punya Potensi Besar, Masyarakat Nias Didorong Kembangkan UMKM Kriya

Penjabat (Pj) Ketua Dekranasda Sumut Dessy Hassanudin meninjau Galeri D&D di Gunungsitoli, Kamis (25/1/2024).suaratani.com-ist

 SuaraTani.com - Gunungsitoli| Penjabat (Pj) Ketua Dekranasda Sumatra Utara (Sumut), Dessy Hassanudin, mendorong perkembangan UMKM kriya di Nias, agar semakin berkembang.

Menurutnya, kerajinan tangan dari Nias, memiliki ciri khas dan daya tarik tersendiri, sehingga  punya potensi yang besar di pasar nasional dan internasional. 

"Produk-produknya bagus-bagus, punya ciri khas tersendiri, potensinya besar, jadi tentu perlu kita kembangkan," kata Dessy Hassanudin, usai meninjau Galeri D&D di Gunungsitoli, Kamis (25/1/2024). 

Permasalahan yang sering dijumpai pengrajin dan pegiat UMKM, menurut Dessy Hassanudin, adalah permodalan dan pasar. Dia mengatakan, Pemprov Sumut siap memberikan dukungan kepada pelaku UMKM. 

"Dekranasda punya program pengembangan untuk pengembangan produk-produk kriya, kita coba lihat bagaimana kita nanti berkolaborasi," kata Dessy Hassanudin. 

Pada kesempatan yang sama, Plt Ketua Dekranasda Gunungsitoli Advenny Rohani Dachi mengatakan, kendala lain yang dihadapi UMKM saat ini adalah permodalan. 

Menurutnya, butuh kerja sama yang kuat untuk mengembangkan sektor kriya dari Nias, khususnya Gunungsitoli. 

"Kita perlu upayakan bersama agar lebih banyak UMKM kriya yang tumbuh di Gunungsitoli, begitu juga dengan pengembangan pariwisata, agar produk-produk kerajinan dari sini semakin banyak peminatnya," kata Advenny Rohani Dachi. *(wulandari)