Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Hari Pertama Perdagangan, IHSG Dibuka Melemah

Grafik pergerakan emiten. Di hari pertama perdagangan  tahun 2024, IHSG bergerak melemah.suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Medan| Memasuki perdagangan hari pertama tahun 2024, pelaku pasar akan kembali fokus kepada FOMC minutes yang akan dilaksanakan jelang akhir pekan nanti. 

Dalam Minutes tersebut Bank Sentral AS akan memberikan gambaran situasi ekonomi terkini, yang akan dijadikan landasan ekspektasi pelaku pasar dalam melihat kebijakan Bank Sentral AS kedepan.

Jadi di pekan ini, investor di pasar keuangan disebutkan Analis keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjanmin akan kembali masuk ke pasar walaupun dengan kemungkinan dimana pasar keuangan bergerak sangat volatile nantinya. 

Sejumlah kinerja pasar keuangan di Asia pada pembukaan perdagangan tahun 2024 ini bergerak sideways yang memberikan peluang bagi indeks harga saham gabungan (IHSG) untuk bergerak dalam rentang yang tidak jauh berbeda.

“Namun bagi IHSG, situasinya sedikit berbeda dnegan bursa di Asia kebanyakan. IHSG yang menguat jelang tutup akhir tahun kemarin justru memberikan ruang koreksi pada IHSG yang dibuka melemah di kisaran level 7.250. Kinerja IHSG diproyeksikan berpeluang untuk ditutup di bawah level 7.300, jika kinerja bursa di asia memburuk hari ini,” ujar Gunawan di Medan, Selasa (2/1/2024).

Di sisi lain, lanjut Gunawan, mata uang rupiah diproyeksikan akan bergerak sideways dengan kecenderungan melemah pada perdagangan hari ini. 

Mata uang rupiah berpotensi mengalami tekanan, seiring dengan meningkatnya imbal hasil US Treasury. Rupiah pada sesi pembukaan perdagangan pagi ini ditransaksikan di level 15.460 atau sedikit mengalami pelemahan.

“Rupiah diproyeksikan akan bergerak dalam rentang 15.400 hingga 15.470 per dolar AS,” sebutnya. 

Senada dengan mata uang Rupiah, harga emas juga berpeluang mengalami tekanan pada sesi perdagangan pagi ini. Harga emas ditransaksikan dikisaran level US$2.066 per ons troy nya. *(ika)