Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Harga Sejumlah Komoditi Naik, Sumut Berpeluang Cetak Inflasi di Januari

Seorang pedagang menyiapkan permintaan pelanggan. Kenaikan harga sejumlah komoditi mendorong Sumut akan mengalami inflasi di bulan Januari ini.suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Medan| Harga sejumlah kebutuhan pangan strategis masyarakat masih mengalami kenaikan secara bulanan di Januari 2024. 

Harga beras, telur ayam, daging ayam, minyak goreng, gula pasir, hingga tomat masih terpantau mengalami kenaikan. 

Harga beras medium di Kota Medan terpantau mengalami kenaikan rata-rata dalam rentang Rp350 hingga Rp400  per kilogram (Kg).

Ketua Tim Pemantau Harga Bahan Pokok Sumut, Gunawan Benjamin, mengatakan, untuk harga beras super juga rata-rata terpantau naik dalam rentang yang sama berdasarkan PIHPS.

Di lapangan harga beras pada umumnya mengalami kenaikan Rp500  per Kg. Meskipun tidak semuanya secara serentak mengalami kenaikan yang sama besar. 

“Saat ini, harga beras di sejumlah pasar di wilayah Sumut masih bergerak dalam rentang Rp14 ribu hingga Rp16 ribu per Kg nya,” kata Gunawan Benjamin di Medan, Senin (29/1/2024).

Selain beras, sambung Gunawan, ada minyak goreng curah yang mengalami kenaikan Rp500 hingga Rp1.000  per Kg nya. 

Harga minyak goreng curah saat ini banyak ditransaksikan dalam rentang Rp15 ribu hingga Rp16 ribu per Kg nya. 

Disusul selanjutnya, harga gula pasir yang naik sekitar Rp150 per Kg, dan saat ini ditransaksikan dikisaran Rp16.500 hingga Rp17 ribu per Kg nya.

Telur ayam juga mengalami kenaikan sekitar Rp100  per butirnya. Daging ayam juga mengalami kenaikan dari kisaran harga Rp30 ribu per Kg menjadi Rp31 ribu hingga Rp32 ribu per Kg nya saat ini. 

“Harga tomat juga terpantau naik dari Rp14 ribu hingga Rp16 ribu di Desember, saat ini berada dikisaran Rp18 ribu hingga Rp22 ribu per Kg nya,” sambungnya.

Sementara untuk harga cabai merah dan cabai rawit dikatakan Gunawan mengalami penurunan di bulan Januari ini. 

Harga cabai merah anjlok dikisaran Rp35 ribu hingga Rp40 ribu dari sebelumnya sekitar Rp45 ribuan per Kg. 

Selanjutnya disusul dengan cabai rawit yang anjlok dalam rentang angka yang sama, disusul harga bawang merah dan bawang putih yang turun sekitar Rp1.000  per Kg. 

Dimana bawang merah ditransaksikan dikisaran Rp32 ribu per Kg, sementara bawag putih berada dikisaran Rp36 ribuan per Kg.

“Jika melihat perubahan sejumlah harga komoditas pangan tersebut, khususnya wilayah yang paling besar menyumbang inflasi yakni Kota Medan, maka Sumut berpeluang mencetak inflasi di bawah 0.2% pada bulan Januari ini,” pungkasnya. *(ika)