Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ekonomi Eropa Memburuk, Pasar Keuangan dan Harga Emas Justru Menguat

Grafik pergerakan IHSG. Pada perdagangan hari ini IHSG mampu ditutup menguat.suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Medan| Indeks harga saham gabungan (IHSG) mampu ditutup menguat dengan naik 0,49% di level 7.192,22,  setelah sempat diperdagangkan di zona merah pada sesi pembukaan perdagangan.

Sementara sejumlah bursa di Asia pada perdagangan hari ini ditutup beragam dengan pelemahan yang paling tajam terjadi pada bursa Hangseng yang anjlok 2.32%.

Analis keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, mengatakan, memburuknya ekonomi  Jerman yang terkontraksi selama 2 kuartal berturut-turut ternyata tidak memberikan pukulan bagi kinerja IHSG.

Pelaku pasar juga tengah menanti rilis PDB zona Euro, yang diproyeksikan juga akan tumbuh negatif. Disisi lainnya, kinerja mata uang rupiah juga ditutup menguat di level 15.777 per dolar AS.

Setelah rupiah sempat melemah di kisaran level 15.830 per dolar AS selama sesi perdagangan hari ini.

“Secara keseluruhan kabar buruk dari Eropa tidak memberikan tekanan pada pasar keuangan di tanah air,” kata Gunawan di Medan, Selasa (30/1/2024).

Sementara itu, kinerja harga emas disebutkan Gunawan juga terpantau  menguat di level US$2.035 per ons troynya.Harga emas diperdagangkan membaik selama sesi perdagangan hari ini jelang rilis data inflasi AS di pekan ini.

Pasar keuangan secara keseluruhan ditransaksikan di zona hijau, meskipun ada banyak kabar buruk di pasar keuangan.

“Dan penguatan ini juga lebih banyak didorong oleh faktor teknikal ketimbang fundamental,” pungkasnya. *(ika)