Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Buka Konsultasi Publik RKPD, Syah Afandin Ingatkan Evaluasi Capaian Kinerja

Plt Bupati Langkat, Syah Afandin, membuka kegiatan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kabupaten Langkat tahun 2025 dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Langkat Tahun 2025-2045,  Senin (22/1/2024).suaratani.com-ist

SuaraTani.com - Langkat| Plt Bupati Langkat, Syah Afandin, membuka kegiatan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kabupaten Langkat tahun 2025 dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Langkat Tahun 2025-2045.

Kegiatan digelar Senin (22/1/2024), di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat.

Syah Afandin mengatakan dari  9 target pembangunan yang  ditetapkan, hanya 6 yang sudah tercapai.  Oleh karena itu, perlu dievaluasi apa penyebabnya agar bisa dilakukan upaya perbaikan.

"Saya sudah mencoba semaksimal mungkin, artinya kalau bicara tentang target capaian kerja ini semua menjadi tanggung jawab saya, selama 2 tahun belakangan lebih khususnya," kata Syah Afandin. 

Dia menambahkan, setelah Februari nanti tugasnya sebagai Plt Bupati akan berakhir sehingga tidak bisa lagi mengintervensi kebijakan. 

Tinggal lagi bagaimana para perangkat daerah  melaksanakan tanggung jawab moril untuk mencapai target pembangunan  demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Saya hanya bisa memberikan spirit, memberikan semangat dalam kurun waktu sisa kepemimpinan saya," kata Syah Afandin.

Sekdakab Langkat, Amril, memaparkan beberapa target pembangunan yang berhasil dicapai.

Diantaranya penurunan tingkat kemiskinan dengan target 9,39% sedangkan vrealisasinya sampai dengan 2023  yaitu 9,23%. Artinya sudah bisa ditekan sesuai dengan rencana.

"Angka kemiskinan Kabupaten Langkat secara tren adalah menurun, namun untuk kemiskinan ekstrem terjadi peningkatan dan yang paling banyak di daerah pesisir dengan rata-rata penghasilan perbulannya hanya Rp300 ribu lebih saja, " jelas Amril.

Ditambahkannya, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Langkat sempat menurun signifikan pada tahun 2020-2021 akibat Covid-19.

Namun di tahun 2022 sampai menjelang 2023 mulai terjadi peningkatan. *(ika)